Tanah PapuaMeepagoIPPM Yedopa Adakan Seminar, Ini Harapan Ketua Komisi A DPRD Dogiyai

IPPM Yedopa Adakan Seminar, Ini Harapan Ketua Komisi A DPRD Dogiyai

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Agustinus Tebai, ketua Komisi A DPRD kabupaten Dogiyai memberikan materi tentang jurnalistik kepada para pelajar dan mahasiswa asal Yewei, Pouya, Dadiyai (Yepoda) se-Indonesia di Nabire, Jumat (6/8/2021).

Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Yepoda kota studi mengadakan pelatihan jurnalistik dan beberapa materi dalam seminar sehari di aula Katolik Karang Tumaritis, Nabire.

Agus menilai kegiatan tersebut sangat baik bagi generasi muda mengembangkan kemampuannya melalui wadah IPPM Yepoda, apalagi peserta sedang dalam tahap belajar, baik sebagai pelajar maupun mahasiswa.

Organisasi sebagai wadah bagi setiap orang mengekspresikan diri melalui ide dan gagasan, harap Agus, harus terus dilanjutkan oleh generasi penerus masa depan.

Baca Juga:  Raih Gelar Doktor, Begini Pesan Aloysius Giyai Demi Pelayanan Kesehatan di Papua

“Organisasi ini tempat kalian belajar. Termasuk belajar menuangkan gagasan melalui tulisan yang kemudian dipublikasikan di media. Saya harap, satu dua dari kalian nantinya muncul dengan tulisan-tulisan berbobot di media massa,” kata Agus yang juga mantan wartawan Jubi itu.

Menulis di media tak harus menjadi wartawan. Pilihan dengan profesi lain, kata Agus, terbuka kesempatan untuk menulis artikel opini ataupun karya sastra berupa cerita pendek (cerpen), dan lain-lain. Setiap tulisan diharapkan bermanfaat bagi publik sebagai sumbangan karya intelektual, termasuk kepada pemerintah.

“Latih dan latih terus supaya bisa menjadi penulis. Masa depan milik generasi sekarang,” imbuhnya.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

Agus juga apresiasi inisiatif baik panitia pelaksana bersama seluruh anggota organisasi menggagas kegiatan seminar dan perkenalan yang dapat diselenggarakan dengan baik.

“Kendala itu pasti ada, itu hal biasa. Yang paling hebat, kalian sudah konsisten dan bisa selenggarakan dengan baik. Itu satu kebanggaan tersendiri bagi saya dan tentu senior Yepoda lainnya,” kata Agus.

Ia berharap wadah yang ada harus dijaga baik sebagai pemersatu seluruh anak asal Yepoda selama mengenyam studi di kabupaten ini maupun setelah melewati perjuangan meraih impian masa depan.

“Jaga nama baik Yepoda, jaga nama baik organisasi ini,” pesan Tebai.

Baca Juga:  Panglima TNI dan Negara Diminta Bertanggung Jawab Atas Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Viki Pigome, ketua panitia perkenalan IPPM Yepoda tahun ajaran 2021/2022, menyampaikan terima kasih kepada empat pemateri, salah satunya Agustinus Tebai dengan materi mengenai jurnalistik serta sejumlah nasehat yang tentunya sangat penting bagi generasi muda di bangku sekolah dan kuliah di kota studi Nabire.

Sesuai rencana, kata Pigome, kegiatan akan dilaksanakan dua hari.

“Pertama, hari ini kita fokus materi-materi. Ada empat pemateri, semuanya kakak-kakak dari Yepoda. Terus hari kedua, besok kami akan adakan perkenalan. Tempatnya di pantai,” jelas Viki.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai Demokrat se-Papua Tengah Jaring Bakal Calon Kepala Daerah Jelang Pilkada...

0
Grace Ludiana Boikawai, kepala Bappiluda Partai Demokrat provinsi Papua Tengah, menambahkan, informasi teknis lainnya akan disampaikan panitia dan pengurus partai Demokrat di sekretariat pendaftaran masing-masing tingkatan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.