BeritaTolikara Akan Memiliki Stadion Megah Berstandar Internasional

Tolikara Akan Memiliki Stadion Megah Berstandar Internasional

WAMENA, SUARAPAPUA.com— Dinas Pemuda dan olahraga (Diaspora) dan Koni Kabupaten Tolikara tengah merancang pembangunan stadion berstandar internasional di tengah kota Karubaga, ibu kota Kabupaten Tolikara.

Hal itu disampaikan Asisten I Kabupaten Tolikara, Drs. Panus Kogoya mewakili Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo saat kegiatan pengukuran lahan yang juga mengapresiasi masyarakat hak ulayat pada pekan lalu.

Menurut Panus Kogoya, apa yang telah direncanakan pihaknya merupakan dampak dari sederet prestasi gemilang di bidang sepak bola, terutama seperti Persitoli Putra (sekarang bernama TOLI FC) yang kini berlaga di Liga III Profesional. Sedangkan TOLI FC Putri (Galanita) telah mengukir segudang prestasi baik di tingkat nasional maupun regional.

Yang mana sejauh ini belum memiliki stadion atau lapangan sepakbola yang layak dan representatif. Bahkan TOLI FC harus menjalankan latihan dan pertandingan resmi dengan sistem sewa lapangan atau stadion di luar daerah.

“Oleh sebab itu kami bangga dan berterima kasih kepada tokoh adat, kapala suku, tokoh masyarakat dan pemilik hak ulayat yang dengan hati yang tulus menyerahkan tempat untuk pembangunan stadion yang megah,” kata Panus Kogoya.

Terkait penyerahan tanah, Panus Kogoya menjelaskan, Pemda akan memberikan ganti rugi tanah, semuanya sebagaimana diatur dalam surat pernyataan pelepasan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP), Imanuel Gurik mengatakan, ukuran luas tanah pembangunan stadion adalah 170×171 meter.

Ia mengakui bahwa pengukuran tahap pertama dilakukan secara manual dan pengukuran selanjutnya akan melibatkan badan pertanahan.

“Jadi pembayaran dilakukan berdasarkan hitungan harga per meter. Terkait hal ini nanti akan dibicarakan lagi antara Pemda dan pemilik hak ulayat,” jelas Imanuel.

Sekretaris Dispora, Timotius Waroy menjelaskan, pembangunan bidang olahraga merupakan bagian dari visi bupati, yaitu peningkatan SDM. Pihaknya merasa penting untuk menyediakan sarana dan prasarana olahraga, termasuk pembangunan stadion.

“Tahapan awal dilakukan tahun ini yaitu memastikan lokasi pembangunan stadion dan pengukuran luasnya berapa. Untuk gambar stadion sudah ada, berstandar internasional dengan rumput dan tribun yang layak dan dilengkapi fasilitas penting lainnya, seperti kantor KONI. Tahapan awal tahun ini adalah pematangan, tahapan selanjutnya dilakukan tahun depan, dan seterusnya sampai stadion yang megah bisa berdiri di sini,” ujar Timotius Waroy.

Menurutnya, selain digunakan oleh tim-tim senior, stadion di Tolikara juga menjadi tempat latihan bagi generasi muda. Terutama, latihan bagi anak-anak usia dini di Tolikara yang memiliki bakat bidang olahraga.



Pewarta: Onoy Lokobal

Baca Juga:  PGGY Kebumikan Dua Jasad Pasca Ditembak Satgas ODC di Dekai

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hari Konsumen Nasional 2024, Pertamina PNR Papua Maluku Tebar Promo Istimewa...

0
“Kami coba terus untuk mengedukasi masyarakat, termasuk para konsumen setia SPBU agar mengenal Pertamina, salah satunya dengan menggunakan aplikasi MyPertamina sebagai alat pembayaran non tunai dalam setiap transaksi BBM,” jelas Edi Mangun.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.