Dokter Rony Oagai Ajak Masyarakat Tidak Takut Vaksin

0
920

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Masyarakat Papua diajak untuk tidak takut pada vaksin Covid-19. Ajakan dr. Rony disampaikan dalam dialog di RRI Wamenda yang dipandu Ronny Hisage dengan tema “Mengapa Vaksin Itu Penting”.

RRI Wamena melakukan dialog tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksin Covid-19. Menurut Ronny Hisage, pembawa acara yang memandu dialog tersebut mengatakan, dialog itu dilakukan karena masih banyak masyarakat yang kutang percaya dengan vaksin.

“Kondisinya kita sudah tahu seperti apa. Terutama berkaitan dengan vaksin. Banyak masyarakat tidak mau vaksin karena mereka mereka masih ragu. Makanya dialog ini dilakukan agar memberikan kesadaran untuk masyarakat,” kata Hisage.

Baca Juga:  Wapres RI dan Enam Pj Gubernur Tanah Papua Dikabarkan Hadiri Hut PI Lembah Balim

dr. Rony Ogaia menjelaskan, vaksinasi covid bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Supaya saat terpapar covid, vaksin tersebut membantu tubuh melawan virus covid-19.

“Vaksini ini sama dengan vaksni yang diberikan kepada anak-anak. Mulai dari Folio, Vaksin TB, vaksin campak dan rubella dan lainnya. Nah, vaksin Covid ini juga sama. Jadi masyarakat jangan takut untuk vaksin,” katanya.

ads
Baca Juga:  Peringatan IWD Menjadi Alarm Pergerakan Perempuan Kawal Segala Bentuk Diskriminasi Gender

Menurutnya, untuk mengatasi kepercayaan masyarakat terhadap vaksin covid ini perlu dilakukan sosialisasi secara merata di masyarakat. Supaya masyarakat mendapat penjelasan yang tepat. Dengan demikian, lanjut dia, masyarakat bisa mengerti dan memutuskan untuk vaksin.

“Sosialisasi sangat dibutuhkan dan harus dilakukan oleh semua pihak. Terutama kepada Pemerintah Daerah. Supaya memberikan pemahaman agar masyarakat bisa divaksin,” katanya.

Oagai menganalogikan vaksin covid seperti pagar di halaman rumah.

“Vaksin dalam tubuh manusia itu sama dengan pagar di halaman rumah. Supaya rumah tidak dimasuki babi. Vaksin juga melindungi tubuh dari virus corona. Kalau ada virus masuk, vaksin langsung bereaksi untuk melawan virus. Sehingga tubuh mampu untuk melawan virus,” terangnya.

Baca Juga:  PT IKS Diduga Mencaplok Ratusan Hektar Tanah Adat Milik Marga Sagaja

dr. Rony meminta kepada semua pihak terutama pihak gereja dan pemerintah untuk memberikan pemahaman atau pencerahan terkait pentingnya vaksinasi untuk kekebalan tubuh dari ancaman wabah virus covid-19 terhadap masyarakat papua yang ada di pelosok pegunungan tengah jayawijaya.

“Vaksin ini aman. Jadi masyarakat tidak perlu takut,” pungkasnya.

Pewarta: Onoy Lokobal
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaKajati Papua Ingin Victor Yeimo Tidak Dirawat di RS Sampai 31 Agustus 2021
Artikel berikutnyaFPK-TP Sesalkan Tindakan Jaksa yang Terus Persulit Victor Yeimo untuk Berobat