BeritaOlahraga12 Tim Sepak Bola di PON XX Terbagi Tiga Grup, Papua Target...

12 Tim Sepak Bola di PON XX Terbagi Tiga Grup, Papua Target Emas

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Tinggal hitung hari, gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua segera dimulai. Cabang olahraga sepak bola paling bergengsi dan ditunggu-tunggu publik Indonesia, akan dipertandingkan lebih dulu pada pekan keempat September 2021.

Data dari Panitia Besar (PB) PON XX Papua, terdapat 12 tim sepak bola putra dari seluruh wilayah Indonesia siap bertarung di multi-event empat tahunan itu.

Kontestan putaran final terdiri dari tujuh tim juara grup babak kualifikasi, tiga tim perwakilan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera, satu tim juara bertahan (Jawa Barat), dan satu tim tuan rumah (Papua).

Dari 12 tim sepak bola putra yang lolos ke PON XX Papua, telah dilakukan pengundian untuk pembagian grup di Jayapura, Rabu (1/9/2021).

Grup A:

Stadion Mandala, Kota Jayapura

1. Papua (Tuan rumah)
2. Jawa Barat (Juara bertahan)
3. Nusa Tenggara Timur (Juara grup III)
4. Maluku Utara (Juara grup VII)

Grup B:

Stadion Mahacandra Uncen, Kota Jayapura

1. Jawa Timur (Juara grup II)
2. Sumatera Utara (Juara tiga Porwil Sumatera)
3. Jawa Tengah (Juara grup I)
4. Sulawesi Selatan (Juara grup VI)

Grup C:

Stadion Barnabas Youwe (SBY) Sentani, Kabupaten Jayapura

1. Kalimantan Timur (Juara grup IX)
2. Aceh (Juara satu Porwil Sumatera)
3. Sulawesi Utara (Juara grup V)
4. Bengkulu (Juara dua Porwil Sumatera)

Baca Juga:  Jamu Kalteng Putra di Stadion Mandala, Ujian Terakhir Persipura

Belum lama ini sempat tersiar kabar, tim Bengkulu memilih undur diri. Menurut Gubernur Rohidin, tim sepak bola tidak akan dikirim ke Papua dengan berbagai alasan.

Tetapi, kepastian itu belum diumumkan resmi PB PON XX. Bahkan saat pengundian grup, tim sepak bola Bengkulu tetap masuk sebagai salah satu peserta.

Pertandingan akan dimulai tanggal 27 September hingga 14 Oktober 2021.

Menurut hasil drawing, babak 6 besar dan semi final sepak bola putra bakal dimainkan di Stadion Mandala dan SBY Sentani.

Ternyata tidak satupun pertandingan sepak bola dipertandingkan di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Khusus sepak bola putri, pertandingannya akan digelar sejak 3 hingga 11 Oktober di Stadion Katalpal Merauke.

Stadion yang dibuat khusus untuk venue PON XX dengan kapasitas 10.000 penonton itu terletak di kelurahan Kelapa Lima, distrik Merauke. Letaknya tidak jauh dari Bandar Udara Mopah, Merauke.

Tim putri Papua berada di Grup A, akan menantang kontingen Jawa Barat dan Papua Barat. Sedang Grup B, terdiri dari DKI Jakarta, Bangka Belitung, dan Kalimantan Tengah.

Baca Juga:  Skuat Persipura Awali Babak Play-off Degradasi Dengan Berat

Papua Target Emas

Benhur Tomi Mano, ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua, menargetkan cabor sepak bola baik putra maupun putri juara di ajang PON XX. Termasuk futsal.

Target tinggi yang dipasang PSSI Papua, kata Mano, tidak lain adalah pertaruhan harga diri, apalagi Papua bertindak sebagai tuan rumah.

“Kita target juara. Tiga medali emas. Sepak bola putri, sepak bola putra, dan futsal,” ujarnya kepada wartawan awal pekan ini, disiarkan RRI.

Walikota Jayapura ini menyatakan, target juara dibebankan kepada pelatih, official dan para atlet tiga cabor yang telah menjalani rangkaian uji coba saat try-out ke luar Papua.

“Sebagai tuan rumah, kita harus menyumbangkan medali emas bagi provinsi Papua. Itu target utama kita,” tegas Mano.

Tim sepak bola putra dibawah asuhan coach Eduardus Ivakdalam telah melakukan tryout ke Manado, provinsi Sulawesi Utara.

Ricky Ricardo Cawor dan kawan-kawan telah menjalani rangkaian pertandingan uji coba dengan sejumlah tim lokal di Bumi Nyiur Melambai, termasuk Manado United di Stadion Klabat, Manado.

Pun dengan tim sepak bola putri Papua.

Baca Juga:  Ramai Rumakiek Beringas, Persipura Sikat Kalteng Putra 2-1

Dibawah asuhan coach Priyagung Dani Atmodjo melakukan tryout ke Makassar, provinsi Sulawesi Selatan, baru-baru ini.

Di Makassar, serangkaian laga uji coba dengan sejumlah tim lokal telah dilakukan sebelum kembali ke Jayapura.

Menurut Stien Mebri, ketua Komite Sepak Bola Putri Asprov PSSI Papua, try-out di luar Papua bertujuan mengukur kesiapan para pemainnya jelang PON XX setelah menjalani pemusatan latihan di Jayapura.

“Sudah dua tahun tim sepak bola putri berlatih di Jayapura. Selanjutnya tryout di Makassar supaya pelatih bisa mendapat gambaran kerangka tim dan membenahi kekurangannya,” kata Mebri.

PON XX Papua sedianya diselenggarakan tahun lalu. Tetapi ditunda lantaran pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pemerintah telah memutuskan PON XX akan digelar 2-15 Oktober 2021 di Papua. Selain Kota Jayapura, PB PON XX telah menetapkan seluruh cabor akan dipertandingkan di Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Ajang bergengsi ini akan diikuti oleh 6.442 atlet dari 34 provinsi di Indonesia. Dengan 37 cabor, 56 disiplin cabor, dan 579 nomor tanding. Pembukaan seremonialnya akan dilaksanakan di Stadion Lukas Enembe.

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.