BeritaOlahragaRicky Cawor Memilih Persipura atau Oxford United?

Ricky Cawor Memilih Persipura atau Oxford United?

WAKEITEI, SUARAPAPUA.com — Tampil gemilang bahkan jadi top skor PON XX sekaligus membawa tim Papua raih juara, pesepak bola muda Papua Ricky Ricardo Cawor sempat diisukan bakal mentas di kompetisi luar negeri.

Lantas, ke tim mana pemain asal Merauke itu akan berlabuh? Selain beberapa tim dari Asia, salah satu klub elit di Liga Inggris juga sempat dikaitkan karier berikut Ricky Cawor usai gelaran PON XX Papua.

Oxford United, tim EFL League One atau kasta ketiga Liga Inggris, dikabarkan akan menggunakan jasa pemain berdarah Asmat-Mappi itu. Hal ini karena Erick Thohir, menteri BUMN, memiliki saham di Oxford United. Termasuk Anindya Bakrie. Sahamnya berkisar 51%.

Dari catatan sejarah, tulis indosport.com, hingga sejauh ini memang belum ada pemain Indonesia yang berseragam Oxford United. Tetapi peluang buat Ricky Cawor memperkuat tim yang bermarkas di Kassam Stadium itu terbuka lebar.

Apalagi Erick Thohir sempat bicara masa depan Ricky Cawor ketika berjumpa langsung di Stadion Mandala. Sesaat berfoto bersama, Erick rekomendasikan Ricky memperdalam kemahirannya di salah satu negara Eropa.

Baca Juga:  Hajar Semen Padang 3-0, PSBS Biak Kunci Juara Liga 2

Usai PON XX, nama Ricky Cawor memang ramai diperbincangkan para penggemar sepak bola Indonesia. Itu wajar, karena dia turut andil dalam mengantarkan tim sepak bola putra Papua melaju hingga ke grand final dan sukses meraih gelar juara PON XX.

Tim Papua menyabet medali emas usai menuntaskan perlawanan sengit Aceh di Stadion Mandala, Kota Jayapura Kamis (14/10/2021). Partai final berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Papua.

Berkat hasil ini, tim Papua pun mengawinkan dua medali emas dari cabor sepak bola PON XX.

Sebelumnya, tim sepak bola putri Papua juga sukses menggondol gelar juara setelah kalahkan Jawa Barat 1-0 pada laga final di Stadion Katalpal, Merauke.

Ricky Ricardo Cawor, jebolan Gelora Putra FC —anggota klub Persimer Merauke— tampil sebagai bintang hingga menorehkan prestasi gemilang.

Di pertandingan final melawan Aceh, striker berusia 23 tahun itu memborong dua gol untuk Papua sekaligus menahbiskan diri sebagai pencetak gol tersubur di ajang PON dengan 11 gol. Torehan gol ini melampaui prestasi Boaz Solossa dengan 10 gol pada PON 2004 Palembang.

Baca Juga:  PFA Cetak Sejarah Gemilang di Selangor Open Malaysia dan Piala Barati 2024

Tampil gemilang di PON XX, nama Ricky Cawor langsung laris di bursa transfer Liga 1 2021. Sejumlah tim bersedia memboyong sang pemain pada jeda transfer nanti.

Tidak cuma itu, Ricky bahkan dikabarkan akan berkarier di kompetisi luar negeri.

Sempat tersiar kabar, salah satu tim di Liga Thailand siap memboyongnya. Apakah tim tersebut adalah Lampang FC, kontestan Liga 2 Thailand? Tim yang sempat diperkuat Todd Rivaldo Ferre, tidak diketahui secara pasti.

Pun dengan isu akan berkiprah di Liga Malaysia. Nama Ricky Cawor sempat dikaitkan dengan Selangor FC, salah satu klub ternama di Liga Malaysia. Sejumlah pemain asli Indonesia pernah membela klub itu. Termasuk dari Papua, yakni Elie Aiboy pada musim 2004/2005 dan 2005/2006.

Di tengah berbagai rumor tersebut, rupanya Ricky lebih memilih menerima tawaran Persipura. Ricky punya alasan tersendiri. Selain lebih dekat dengan keluarganya, ia juga harus menuntaskan pendidikan.

Benhur Tomi Mano, ketua umum Persipura Jayapura, memastikan, nama Ricky Ricardo Cawor termasuk salah satu pemain muda yang dipastikan akan berseragam tim Mutiara Hitam. Selain empat pemain muda seangkatannya di PON XX.

Baca Juga:  Manajer RANS FC Kembali Merumput, Kok Bisa?

Meski belum diketahui secara pasti legalitasnya, Mano klaim Ricky Cawor dan empat pemain lainnya sudah diikat manajemen Persipura.

Tetapi, sehari sebelumnya, coach Jacksen Ferreira Tiago mengaku belum tahu pasti bergabungnya Ricky Cawor ke Persipura.

Sejumlah pemain muda yang tampil memukau di ajang PON telah dipantau langsung tim Technical Study Group (TSG). Jacksen bahkan kepincut dengan beberapa pemain, bahkan lima nama bakal mengisi kuota Persipura.

Hanya saja, menurutnya, soal transfer pemain ditangani langsung oleh pihak manajemen. Tetapi, harus sepengetahuan pelatih kepala.

Sumber dari Media Officer Persipura, rekrutan pemain baru —termasuk Ricky Ricardo Cawor— akan segera diumumkan ke publik.

Sekadar diketahui, bursa transfer pemain tengah musim Liga 1 2021 akan dibuka 15 Desember mendatang. Itu artinya, Ricky Cawor jika sudah resmi direkrut Persipura, bakal debut di Liga 1 pada putaran kedua, Januari 2022.

Persipura saat ini “takandas” di zona degradasi. Dari 10 pertandingan yang telah dilakoni Ian Kabes dan kawan-kawan, hanya meraih satu kemenangan, dua kali imbang, dan menelan tujuh kekalahan.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

0
SORONG, SUARAPAPUA.com --- Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw mengingatkan pengurus partai politik di kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya, untuk transparan dalam tahapan pendaftaran...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.