Demi Penyadaran Basis, KNPB Dogiyai akan Tetapkan Sektor Baru

0
1089

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Dogiyai akan melantik dan menetapkan sektor Remaja Obaibega (Reoba) untuk memperkuat basis serta penyadaran politik ke masyarakat.

Hal tersebut disodorkan oleh Ketua KNPB Wilayah Dogiyai, Saugas Goo saat dihubungi Suara Papua via telepon genggam pada Minggu, (30/1/2022) malam.

Dia menyatakan, sektor Reoba yang akan dilantik pertengahan Februari, awalnya merupakan sub sektor, tetapi atas semangat dan kerja keras, badan pengurus KNPB Dogiyai akan melantik dan menetapkannya dalam waktu dekat.

Baca Juga:  Empat Jurnalis di Nabire Dihadang Hingga Dikeroyok Polisi Saat Liput Aksi Demo

“Tadi kami dari badan pengurus KNPB Dogiyai sudah berikan dana secukupnya agar mereka kelola sebaik mungkin dengan melakukan pertandingan bola voli dan sepak bola,” kata Goo.

Dengan dibentuknya sektor Reoba, kata Goo, seluruh aktivis KNPB tidak boleh mengonsumsi miras, makan pinang dan palang-memalang di jalang.

ads

“Anak aktivis KNPB tidak diajarkan untuk hal-hal itu, jadi KNPB harus memberikan teladan yang baik ke masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua I KNPB Pusat, Warpo Sampati Wetipo menyatakan, berdasarkan rapat pimpinan nasional (RAPIMNAS) KNPB, setiap wilayah berhak melakukan reorganisasi daerah sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah.

Baca Juga:  Polda Papua Diminta Evaluasi Penanganan Aksi Demo di Nabire

“Setiap wilayah punya tanggung jawab untuk memberikan pendidikan politik yang berfokus pada penyadaran masyarakat, sehingga basis atau sektor yang KNPB bangun itu benar-benar ada di tengah masyarakat,” kata Warpo.

Dia menambahkan, KNPB sebagai media rakyat atau sipil, berhak untuk bangun pos-pos, sektor-sektor dan basis-basis di tengah masyarakat. Dengan demikian masyarakat akan memahami arah dan tujuan perjuangan.

“KNPB tidak pernah berjuang di hutan, karena hutan itu TPNPB dengan TNI/Polri punya. TPNPB dan TNI/Polri dua-duanya kombatan. Jadi KNPB itu bergerak di tengah masyarakat sipil,” katanya.

Baca Juga:  Seorang Fotografer Asal Rusia Ditangkap Apkam di Paniai

Wetipo mengharapkan, badan pengurus sektor Reoba yang akan ditetapkan dan dilantik pertengahan Februari ini benar-benar menjadi pelita bagi rakyat Papua.

“Selamat melaksanakan konferensi wilayah (konferwil), konferensi basis (konferbas) dan konferensi sektor (konfersek). Jadi badan pengurus Reoba silakan pikul salib-salib rakyat. Kalian dipilih untuk menyampaikan kebenaran kepada rakyat Papua dan dunia internasional,” tandasnya.

 

Pewarta: Yance Agapa
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaJDP Minta Negara Akhiri Konflik di Papua Gunakan Dialog
Artikel berikutnyaPapua: Peluang Tak Bertangga