PartnersTimnas NZ Bersiap Menghadapi Wakil Concacaf, Usai Mengalahkan Solomon Islands 5:0

Timnas NZ Bersiap Menghadapi Wakil Concacaf, Usai Mengalahkan Solomon Islands 5:0

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Selandia Baru telah memenangkan Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 Oceania setelah dua gol Bill Tuiloma dan gol-gol dari Joe Bell, Chris Wood dan Matt Garbett. Gol-gol itu memastikan kemenangan bagi The All Whites julukan New Zealand dengan skor 5-0 atas Kepulauan Solomon di Stadion Grand Hamad di Doha, Qatar, Rabu (31/3/2022).

Dengan hasil itu, The All Whites berhasil lolos ke babak kualifikasi Piala Dunia berikutnya, play-off antarbenua, yang juga akan dimainkan di Qatar Juni mendatang.

Pelatih Selandia Baru Danny Hay memutuskan untuk memasukan enam perubahan pemain dari pertandingan sebelumnya di semi-final, dimana ketika melawan Tahiti. Ia memasukan Marko Stamenic, Francis De Vries, Tim Payne, Tommy Smith, Logan Rogerson dan Alex Greive, sementara Chris Wood mengambil alih posisi kapten.

Baca Juga:  Prancis Mendukung Aturan Pemilihan Umum Baru Untuk Kaledonia Baru

Kedua tim tampak berniat menyerang sejak awal, dengan Joses Nawo menyengat tangan kiper Selandia Baru Stefan Marinovic sejak awal. Rogerson dan Wood kemudian menguji kiper Kepulauan Solomon Phillip Mango sebelum kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-23.

Adalah Bill Tuiloma, yang sangat berbahaya di udara sepanjang kompetisi, yang memimpin Selandia Baru.

Bola mati terus menjadi masalah bagi Kepulauan Solomon di sepanjang pertandingan, Nando Pijnaker melihat upayanya yang gagal setelah tendangan sudut De Vries dianulir karena pelanggaran dalam persiapan, tetapi All Whites memperbesar keunggulan mereka beberapa saat kemudian.

Baca Juga:  Partai-Partai Oposisi Kepulauan Solomon Berlomba Bergabung Membentuk Pemerintahan

Bek tengah Smith mengirimkan bola besar ke Payne di sebelah kanan yang kemudian memberikan umpan silang yang sempurna bagi Wood untuk mencetak gol kelimanya di turnamen tersebut yang memastikan Selandia Baru unggul dua gol.

Payne dan Wood bergabung lagi tak lama setelah turun minum. Namun, skor segera menjadi 3-0, dimana Bell mencetak gol langsung dari tendangan sudut, tendangan melengkungnya yang jahat menipu Mango di gawang Solomon.

Kepulauan Solomon berusaha untuk segera bangkit dari kekalahan. Penyerang Kepulauan Solomon melewati Smith dan Tuiloma sebelum usahanya diblok dengan baik oleh Marinovic untuk menjaga clean sheet Selandia Baru.

Selandia Baru mengira mereka telah membuat skor menjadi 4-0 ketika Wood melepaskan umpan silang Rogerson. Namun, setelah peninjauan VAR, Rogerson dinyatakan offside dalam persiapan dan wasit Nawaf Abdulla Shukralla menganulir gol tersebut.

Baca Juga:  Negara Mengajukan Banding Atas Vonis Frank Bainimarama dan Sitiveni Qiliho

Akhirnya setelah beberapa menit kemudian, All Whites menambah gol menjadi 4-0.

Wood dan McCowatt memiliki peluang untuk memperbesar keunggulan. Akhirnya All Whites kembali mencetal gol terakhir yang memperlebar jarak menjadi 5:0.

All Whites kini akan menghadapi tim peringkat keempat dari Putaran Ketiga CONCACAF dalam play-off antarbenua pada bulan Juni 2022, dengan pemenang mendapatkan tempat di Piala Dunia FIFA Qatar 2022.

Sementara, Solomon Islands pulang dengan kepala tertunduk usai menelan kekalahan tanpa balas.

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Aktivitas Belajar Mengajar Mandek, Butuh Perhatian Pemda Sorong dan PT Petrogas

0
“Jika kelas jauh ini tidak aktif maka anak-anak harus menyeberang lautan ke distrik Salawati Tengah dengan perahu. Yang jelas tetap kami laporkan masalah ini sehingga anak-anak di kampung Sakarum tidak menjadi korban,” pungkasnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.