PartnersTimnas NZ Bersiap Menghadapi Wakil Concacaf, Usai Mengalahkan Solomon Islands 5:0

Timnas NZ Bersiap Menghadapi Wakil Concacaf, Usai Mengalahkan Solomon Islands 5:0

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Selandia Baru telah memenangkan Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 Oceania setelah dua gol Bill Tuiloma dan gol-gol dari Joe Bell, Chris Wood dan Matt Garbett. Gol-gol itu memastikan kemenangan bagi The All Whites julukan New Zealand dengan skor 5-0 atas Kepulauan Solomon di Stadion Grand Hamad di Doha, Qatar, Rabu (31/3/2022).

Dengan hasil itu, The All Whites berhasil lolos ke babak kualifikasi Piala Dunia berikutnya, play-off antarbenua, yang juga akan dimainkan di Qatar Juni mendatang.

Pelatih Selandia Baru Danny Hay memutuskan untuk memasukan enam perubahan pemain dari pertandingan sebelumnya di semi-final, dimana ketika melawan Tahiti. Ia memasukan Marko Stamenic, Francis De Vries, Tim Payne, Tommy Smith, Logan Rogerson dan Alex Greive, sementara Chris Wood mengambil alih posisi kapten.

Baca Juga:  Human Rights Monitor Update Pengungsian Ribuan Warga Bibida Kabupaten Paniai

Kedua tim tampak berniat menyerang sejak awal, dengan Joses Nawo menyengat tangan kiper Selandia Baru Stefan Marinovic sejak awal. Rogerson dan Wood kemudian menguji kiper Kepulauan Solomon Phillip Mango sebelum kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-23.

Adalah Bill Tuiloma, yang sangat berbahaya di udara sepanjang kompetisi, yang memimpin Selandia Baru.

Bola mati terus menjadi masalah bagi Kepulauan Solomon di sepanjang pertandingan, Nando Pijnaker melihat upayanya yang gagal setelah tendangan sudut De Vries dianulir karena pelanggaran dalam persiapan, tetapi All Whites memperbesar keunggulan mereka beberapa saat kemudian.

Baca Juga:  Kerusuhan di Kaledonia Baru: Ketidaknyamanan Mulai Muncul Saat Bala Bantuan Tiba

Bek tengah Smith mengirimkan bola besar ke Payne di sebelah kanan yang kemudian memberikan umpan silang yang sempurna bagi Wood untuk mencetak gol kelimanya di turnamen tersebut yang memastikan Selandia Baru unggul dua gol.

Payne dan Wood bergabung lagi tak lama setelah turun minum. Namun, skor segera menjadi 3-0, dimana Bell mencetak gol langsung dari tendangan sudut, tendangan melengkungnya yang jahat menipu Mango di gawang Solomon.

Kepulauan Solomon berusaha untuk segera bangkit dari kekalahan. Penyerang Kepulauan Solomon melewati Smith dan Tuiloma sebelum usahanya diblok dengan baik oleh Marinovic untuk menjaga clean sheet Selandia Baru.

Selandia Baru mengira mereka telah membuat skor menjadi 4-0 ketika Wood melepaskan umpan silang Rogerson. Namun, setelah peninjauan VAR, Rogerson dinyatakan offside dalam persiapan dan wasit Nawaf Abdulla Shukralla menganulir gol tersebut.

Baca Juga:  Gereja Protestan Kanaky Minta Presiden Prancis Bekukan Perubahan Konstitusi dan Melanjutkan Dekolonisasi

Akhirnya setelah beberapa menit kemudian, All Whites menambah gol menjadi 4-0.

Wood dan McCowatt memiliki peluang untuk memperbesar keunggulan. Akhirnya All Whites kembali mencetal gol terakhir yang memperlebar jarak menjadi 5:0.

All Whites kini akan menghadapi tim peringkat keempat dari Putaran Ketiga CONCACAF dalam play-off antarbenua pada bulan Juni 2022, dengan pemenang mendapatkan tempat di Piala Dunia FIFA Qatar 2022.

Sementara, Solomon Islands pulang dengan kepala tertunduk usai menelan kekalahan tanpa balas.

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

128 Ekor Hewan Kurban Dari Pertamina Regional Papua Maluku untuk Masyarakat

0
"Dalam prosesnya, kami melalui Badan Dakwah Islam Pertamina juga bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk memastikan bantuan daging sampai kepada yang berhak menerimanya," kata Edi Mangun.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.