TPNPBTPNPB Mengaku Toni Tabuni yang Ditembak Aparat di Nabire Merupakan Anggota TPNPB...

TPNPB Mengaku Toni Tabuni yang Ditembak Aparat di Nabire Merupakan Anggota TPNPB Kodap VIII

Jayapura, SUARAPAPUA.com—Sebby Sambom, Jubir TPNPB Organisasi Papua Merdeka yang biasa disebut Indonesia sebagai kelompok KKB mengaku bahwa Toni Tabuni yang ditembak aparat gabungan TNI dan Polri di Nabire pada 30 Maret 2022 adalah anggota TPNPB Kodap VIII Intan Jaya.

Pernyataan itu disampaikan Sebby sebagaimana dilaporkan Komandan Operasi TPNPB Kodap VIII Intan Jaya, Undius Kogoya.

“Penembakan Tonni Tabuni di Nabire merupakan aksi balasan aparat TNI dan Polri atas insiden penembakan dan pembakaran di Bayabiru Paniai,” ujar Sebby sebagaimana dilaporkan Undius Kogoya pada, Kamis (31/3/2022).

Baca Juga:  TPNPB: Serangan Udara TNI-Polri Mengebom Wilayah Pengungsi di Ndugama Tidak Seimbang

Kogoya menyatakan bahwa Toni Tabuni merupakan anggota TPNPB dari Kodap VIII Intan Jaya. Ia juga mengaku bahwa pembakaran di Bayabiru dilakukan pihaknya, karena diketahui bahwa semua orang yang tinggal di Bayabiru merupakan agen BIN dan BAIS, termasuk proyek pencitraan Indonesia.

“Oleh karena itu, dari Manajemen Markas Pusat TPNPB mendukung dan perlu sampaikan kepada dunia dan Indonesia bahwa situasi Papua saat ini adalah krisis kemanusiaan. Krisis ini sedang berjalan dan merupakan situasi emergency, maka semua orang Papua harus bangkit, mulai dari pejabat gubernur, Bupati/Walikota untuk bangkit lawan,” tegas Sebby Sambom.

Baca Juga:  Danramil 1703-04/Aradide Ditemukan Tewas, TPNPB Akui Bertanggungjawab

Sambom mengatakan, aparat TNI dan Polri ke Papua hanya untuk mengeruk semua sumber daya alam tanah Papua, sehingga diminta agar rakyat Papua bangkit lawan.

“Tidak ada alasan kompromi dan tidak ada alasan pembangunan di tanah Papua. Sekolah dan pembangunan dilanjutkan setelah Papua merdeka. Karena kami punya uang dan sumber daya alam. Kenapa menggunakan uang Indonesia yang membuat mahasiswa kami berjuang stenga mati untuk sekolah dan kuliah? Dengan begini seolah Papua tidak punya sumber daya alam saja!” pungkasnya.

Baca Juga:  Situasi Paniai Sejak Jasad Danramil Agadide Ditemukan

Tim Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz menangkap Toni Tabuni (24) dan Kais Tabuni (25), anggota teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), sebutan Pemerintah Indonesia di bawa pimpinan Ndeotadi di Nabire, Papua.

“Saat dilakukannya penangkapan terhadap tersangka terjadi perlawanan oleh tersangka Toni Tabuni, sehingga personel Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz melakukan tindakan tegas [ditembak] yang mengakibatkan tersangka tewas,” kata Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya, Rabu (30/3/2022).

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Mahasiswa Papua di Sulut Akan Gelar Aksi Damai Peringati Hari Aneksasi

0
“Jadi hasil akhir dari diskusi bahwa tanggal 1 Mey 2024 akan dilakukan aksi damai (aksi kampanye), sementara yang menjadi penanggung jawab dari aksi 1 Mei 2024 ini adalah organisasi KNPB Konsulat Indonesia yang dibawahi oleh saudara Agusten dan Kris sebagai coordinator lapangan,” jelas Meage.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.