Tanah PapuaDomberaiBangun Pendidikan Toleransi Sejak Dini, Guru dan Siswa SDI 32 Rufei Sorong...

Bangun Pendidikan Toleransi Sejak Dini, Guru dan Siswa SDI 32 Rufei Sorong Gelar Bukpuber

SORONG, SUARAPAPUA.com— Para guru dan Murid kelas I dan VI SD Inpres 32 Rufei, Kota Sorong melakukan buka puasa bersama dengan tujuan membangun pendidikan saling toleransi sejak dini kepada anak murid.

Hal tersebut diutarakan Ahmad, guru pendidikan agama Islam, April 2022 di Sorong. Menurutnya, membuka puasa bersama merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk mendidik anak murid tentang saling toleransi sejak dini, karena di Indonesia memiliki keanekaragaman agama.

Baca Juga:  C1 Pleno 121 TPS Kembali Dibuka Atas Rekomendasi Bawaslu PBD

“Kita negara hukum yang memiliki keanekaragaman agama. Keanekaragaman tersebut harus dibangun toleransi bersama, sehingga terwujud kedamaian, kesejahteraan dan kemakmuran bersama. Hal tersebut kita ajarkan sejak dini bahwa mereka (murid) tidak hidup dalam satu agama, sehingga terwujud saling toleransi. Saling toleransi sangat penting untuk di Indonesia dan Papua secara khusus,” jelas Ahmad kepada suarapapua.com di Sorong, 26 April 2022.

Kepala Sekolah SD Inpres 32 Rufei Kota Sorong Sintje Martenji Ajomi mengatakan, kegiatan buka bersama yang merupakan perdana di SD Inpres 32 adalah bagian dari berbagi suka cita bersama di bulan suci dalam membangun kekeluargaan dan saling toleransi.

Baca Juga:  Diduga Dana Desa Digunakan Lobi Investasi Migas, Lembaga Adat Moi Dinilai Masuk Angin

Oleh sebab itu ia berterimakasih kepada orang tua murib yang membantu anak murid untuk menyiapkan makanan, sehingga terwujud kebersamaan.

“Buka bersama ini merupakan perdana di sekolah kami. Ini merupakan kegiatan berbagai berkat suka cita bersama di bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia,” tukas Kepsek SD Inpres.

Katanya, proses buka puasa bersama diawali dengan menyumbangkan makanan oleh oran tua murib ke sekolah. Hal itu dilakukan pada pukul 5.00 waktu Papua. Kemudian pada pukul 6.00 waktu Papua, guru agama Muslim bersama murid-murid solat dan berdoa untuk buka puasa bersama, dan dilanjutkan dengan makan bersama.

Baca Juga:  Atasi Konflik Papua, JDP Desak Pemerintah Buka Ruang Dialog

 

Pewarta: Maria Baru
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Simamora: Penting Mengajar Anak, Tetapi Juga Pembentukan Karakter

0
"Praktekan penerapan displin positif yang telah dipelajari terhadap anak-anak. Hadapi anak-anak dulu dengan sekarang berbeda maka pendekatan pun berbeda. Contohnya, jika anak terlambat masuk sekolah, jangan langsung suruh pulang."

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.