Tanah PapuaLa PagoAksi Demo Tolak Otsus dan Pemekaran DOB di Yahukimo Berjalan Aman

Aksi Demo Tolak Otsus dan Pemekaran DOB di Yahukimo Berjalan Aman

DEKAI, SUARAPAPUA.com— Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Yahukimo Terima aspirasi rakyat menolak Otsus jilid dua dan Daerah Otonomi Baru (DOB). Pihak DPRD berjanji akan meneruskan aspirasi tersebut ke pihak DPR Provinsi Papua.

Aksi demo damai penolakan Otsus bagian ke dua dan pemekaran DOB itu dilakukan di halaman Kantor DPRD Yahukimo di Dekai Yahukimo pada, Selasa (10/5/2022).

Yosias, salah satu anggota DPRD Yahukimo mengaku aksi tersebut berlangsung dengan damai, aman dan terkendali. Oleh sebab itu ia menyarankan kepada pendemo dalam menyampaikan setiap aspirasi langsung saja ke Kantor DPRD Yahukimo sebagai lembaga yang mewadahi aspirasi rakyat.

“Saya lihat bagus dan perluh karena selama ini ada beberapa aksi yang dilakukan ditempat-tempat tertentu, di luar dari gedung DPRD. Sehingga DPRD pun diminta hadir ini kan tidak pas jadi DPRD ini tidak bisa giring kemana-mana, tapi [masa aksi] harus datang ke Kantor DPR,” tukasnya.

Baca Juga:  Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

Sekali lagi ia minta kepada masyarakat Yahukimo untuk datang ke kantor DPRD menyampaikan aspirasi. Karena pada prinsipnya pihaknya tetap akan menerima aspirasi tersebut.

“Dalam menyampaikan aspirasi juga para Korlap harus kontrol rakyat yang datang, agar kita bersama menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban umum. Sehingga sekalipun masyarakat lain datang sampaikan aspirasi, tetapi masyarakat lain juga ya boleh melaksanakan aktivitas,”ujarnya.

Baca Juga:  Panglima TNI Didesak Tangkap dan Adili Prajurit Pelaku Penyiksa Warga Sipil Papua

Sementara, Kapolres Yahukimo, AKBP. Dani Herdiana mengaku aksi demo penolakan yang dilakukan KNPB Wilayah Yahukimo pada hari ini berlangsung dengan damai dan aman.

“KNPB sektor Yahukimo mereka tetap melaksanakan demo hari ini, tapi berkat koordinasi kerja sama antara TNI dan Polri dan juga dengan tokoh-tokoh yang ada, maka semuanya bisa mengeliminir semua hal yang tidak di inginkan seperti yang terdahulu,” kata Kapolres.

“Puji Tuhan. Tidak ada caos, tidak ada konflik antara masyarakat dengan masyarakat dan juga dengan aparat.”

Aksi demo tersebut kata Kapolres pihaknya tidak menerbitkan surat izin pelaksanaan demo damai, karena tidak sesuai aturan dan  undang-undang negara yang berlaku. Tapi demi kedamaian dan ketentraman Yahukimo, maka aparat keamanan kawal aksi tersebut hingga selesai.

Baca Juga:  Tragedi Penembakan Massa Aksi di Dekai 15 Maret 2022 Diminta Diungkap

“Kita semuahnya sudah tahu banyak beberapa kejadian Demo anarkis yang rusuh mengakibatkan korban harta, benda, dan nyawa yang hilang. Tapi puji Tuhan demo hari ini berjalan dengan baik atas campur tangan Tuhan.”

“Saya juga selaku Kepolisian daerah Yahukimo mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah mendengar tokoh-tokoh yang ada untuk wanti-wanti tidak berbuat yang tidak diinginkan.”

“Kami TNI dan Polri tidak mungkin berhasil kalau tanpa adanya bantuan, kerjasama dan koordinasi dari semua stekholder yang ada,” pungkasnya.

 

Pewarta: Atamus Kepno
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hari Konsumen Nasional 2024, Pertamina PNR Papua Maluku Tebar Promo Istimewa...

0
“Kami coba terus untuk mengedukasi masyarakat, termasuk para konsumen setia SPBU agar mengenal Pertamina, salah satunya dengan menggunakan aplikasi MyPertamina sebagai alat pembayaran non tunai dalam setiap transaksi BBM,” jelas Edi Mangun.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.