BeritaTidak Terdengar, PSBS Biak Datangkan Pemain Berbahaya

Tidak Terdengar, PSBS Biak Datangkan Pemain Berbahaya

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Bak hilang kabar, PSBS Biak ternyata masih eksis. Tim berjuluk Napi Bongkar itu dikabarkan sedang fokus persiapan jelang kompetisi Liga 2 musim 2022/2023. Pihak manajemen PSBS bahkan diam-diam bekerja ekstra keras datangkan sejumlah pemain berpengalaman di kompetisi tanah air.

Satu diantara beberapa pemain baru yang didaratkan manajemen PSBS adalah Titus Bonay. Mantan pemain Timnas dan Persipura itu sudah bergabung sejak beberapa waktu lalu. Meski awalnya berstatus trial, isu sedang diincar Persipura pupus. Tibo, panggilan akrab striker tajam itu kabarnya sudah dikontrak untuk satu musim.

Tibo cukup kenyang bermain di kompetisi sepak bola Indonesia. Selain Persipura, banyak klub domestik sudah dibela pemain yang kini berusia 33 tahun itu. Baik Liga 1 maupun Liga 2. Tibo juga pernah bermain di luar negeri, sebelum akhirnya kembali ke Indonesia.

Selain bakal diperkuat sebagian pemain musim lalu yang masih dipertahankan, manajemen PSBS terus memburu amunisi baru untuk memperkuat kedalaman skuatnya di kompetisi musim ini.

Baca Juga:  KPU Tambrauw Resmi Tutup Pleno Tingkat Kabupaten

Sebuah sumber mengabarkan kepada Suara Papua, manajemen PSBS Biak tidak tinggal diam. Sejak beberapa waktu lalu sudah bergerak cepat memulangkan dua pemain asal Biak yang beberapa musim lalu sempat membela tim berjuluk Napi Bongkar itu. Yakni Bryan Muabuay dan Ruddy Kurni.

Ruddy Kurni sempat memperkuat Persewar Waropen selama tiga musim sebelum pulang kampung.

Bryan Muabay musim lalu berkostum Semen Padang FC di Liga 2. Tetapi tidak mendapat menit bermain. Pemain berusai 27 tahun itu memilih pulang kampung memperkuat tim PSBS. Dua musim sejak 2014 bermain untuk PSBS sebelum hijrah ke Semen Padang.

Mantan penjaga gawang Persipura yang dilepas jelang pemusatan latihan, Gerry Mandagi memilih ke PSBS. Gerry akan diandalkan, mengisi posisi Dedy Haryanto yang kini di Persipura.

Satu lagi mantan pemain Persewar dan Semen Padang FC yang baru-baru ini sempat trial di Persipura, Krismon Gustap Wombaibobo juga sudah bergabung dengan PSBS.

Pemain berusia 24 tahun itu pernah dipanggil ikut seleksi Timnas U-23 untuk SEA Games 2019.

Baca Juga:  ULMWP Kutuk Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Manajemen PSBS juga masih empertahankan mantan pelatih musim lalu, Ega Raka Ghalih.

Sekadar diketahui, pelatih berusia 45 tahun asal Karawang, Jawa Barat, itu mulai bergabung tahun 2022 lalu.

Sejak awal menandatangani kontrak dengan manajemen PSBS, ia berstatus sebagai asisten pelatih. Baru tahun lalu, statusnya jadi pelatih kepala.

Dibawah asuhan Ega Raka Ghalih, skuat PSBS Biak tengah menjalani pemusatan latihan di Stadion Cenderawasih Biak.

Persiapannya sudah sejak dua pekan lalu. Sementara, program latihan fisik dan taktikal baru dimulai pekan ini.

PSBS agak berbeda dengan Persewar Waropen yang memilih Jayapura sebagai tempat pemusatan latihan jelang bergulirnya kompetisi Liga 2 musim 2022/2023. Jayapura juga bahkan dipilih sebagai home base tim berjuluk Mutiara Bakau. Stadion Mandala Jayapura kemungkinan besar jadi kandangnya Persewar.

Persewar dibesut Eduardus Ivakdalam bersama asisten pelatih Gerald Pangkali, pelatih kiper Daniel Saroge, pelatih fisik Agip Haris Pambudi, dan analis pertandingan Bahtiar Sitinjak.

Baca Juga:  Pertamina Pastikan Stok Avtur Tersedia Selama Arus Balik Lebaran 2024

Selain Persewar Waropen, di Jayapura ada Persipura. Tim Mutiara Hitam yang pada musim kemarin terdegradasi dari Liga 1 itu telah memulai program latihan sejak 4 Juli lalu. Persipura kini ditangani coach Ricky Nelson.

Bersama pelatih baru asal Nusa Tenggara Timur (NTT) itu di jajaran asisten pelatih, ada nama Thomas Madjar, Erol FX Iba, dan Bio Pauline Pierre. Joice Sorongan didatangkan sebagai pelatih kiper, dan pelatih fisik Elsa Pramudya.

Tidak di Stadion Mandala, pada musim ini Persipura akan home base di Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, distrik Sentani Timur, kabupaten Jayapura.

Tiga tim dari Papua ini merupakan konstestan Liga 2 musim 2022/2023 yang tergabung di Grup Timur bersama Sulut United FC, Persiba Balikpapan, dan Kalteng Putra.

Kompetisi Liga 2 rencananya akan digulirkan akhir Agustus mendatang. Tanggal kick off masih belum dirilis. Harus menunggu rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Sementara, kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 sudah dimulai hari Sabtu (23/7/2022).

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP: Aneksasi Papua Ke Dalam Indonesia Adalah Ilegal!

0
Tidak Sah semua klaim yang dibuat oleh pemerintah Indonesia mengenai status tanah Papua sebagai bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena tidak memiliki bukti- bukti sejarah yang otentik, murni dan sejati dan bahwa bangsa Papua Barat telah sungguh-sungguh memiliki kedaulatan sebagai suatu bangsa yang merdeka sederajat dengan bangsa- bangsa lain di muka bumi sejak tanggal 1 Desember 1961.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.