Tanah PapuaDomberaiPembangunan Goa Maria Wamar Mboh Akan Menjadi Tempat Berziarah Umat Katolik PB

Pembangunan Goa Maria Wamar Mboh Akan Menjadi Tempat Berziarah Umat Katolik PB

NABIRE, SUARAPAPUA.com— Umat Tuhan dan warga masyarakat kampung Yabouw distrik Miyah Selatan, Kabupaten Tambrauw gelar acara peletakan batu pertama pembangunan Goa Maria Wamar Mboh pekan lalu.

Donatus Hae, kepala kampung Yabouw mengatakan, Goa Maria Wamar Mboh direncanakan segera diselesaikan pembangunannya dalam waktu dekat. Katanya, tempat itu akan menjadi salah satu gua tempat berziara bagi umat Katolik di Kabupaten Tambrauw dan Papua Barat secara umum.

Selain itu Donatus mengkui bahwa ada beberapa lokasi dan hutan di Miyah Selatan dan Tambrauw yang secara umumnya telah dirusak perusahaan dan pembangunan yang tidak melihat dampak positif dan negatifnya. Sehingga ada langkah lain untuk melindungi alam dan hutan yang masih tersisa itu, supaya ada perlindungan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut.

Baca Juga:  Non OAP Kuasai Kursi DPRD Hingga Jual Pinang di Kota Sorong

Sebabnya, dengan kesempatan peletakan batu pertama pembangunan goa Maria ini Donatus memohon berkat dan perlindungan dari Tuhan Yesus.

“Goa Maria Wamar Mboh akan menjadi pusat perziarahan bagi umat katolik di Papua Barat dan Tambrauw secara khusus. Kami bersyukur, karena goa ini dibangun di sini, supaya ada perlindungan langsung dari bunda Maria. Sebab selama ini banyak tempat keramat dan pemali yang telah dirusak perusahaan dan pembangunan,” ujar Donatus.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

Suster Xafer CIY yang sedang pengabdian di distrik Kebar dan Tambrauw menilai langkah kepala kampung dan masyarakat ini cukup positif.

Ia berharap, semua elemen lembaga dan masyarakat terlibat dalam pembangunan tersebut, sehingga dapat diselesaikan dan gua Maria Wamar Mboh akan menjadi tempat ziarah bagi umat Katolik se-kabupaten Tambrauw.

“Saya berharap dari pemerintah, gereja, umat, dan pemerintah bersama-sama bekerja, sehingga pada waktunya dapat diselesaikan dan kita akan menjadikan tempat ini sebagai tempat ziarah rohani untuk umat Paroki dan kita se Kabupaten Tambrauw, dan Kebar,” ujar suster Xafer.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Dukung Asosiasi Wartawan Papua Gelar Pelatihan Pengelolaan Media

Ia lalu mengatakan pembangunan goa Maria itu merupakan hal positif untuk membangun iman kita.Supaya kita lebih yakin dan percaya bahwa dengan perantaraan bunda Maria dan melalui bunda Maria, kita akan yakin Tuhan akan menurunkan berkat dan rahmatnya.”

Hal serupa disampaikan pastor Domasus Pantur, OSA, pastor paroki  Santo Yosep Senopi. Dimana ia berharap dengan adanya pembangunan goa Maria yang baru ini menjadi tempat yang berguna dan bermanfaat bagi perkembangan iman umat Katolik di stasi santa Bernadeta dan lebih khusus lingkungan santa Agnes.

 

Pewarta: Maria Baru
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

0
SORONG, SUARAPAPUA.com --- Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw mengingatkan pengurus partai politik di kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya, untuk transparan dalam tahapan pendaftaran...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.