Hasil Sidang Pleno I DPC GAMKI Yahukimo Bisa Dituntaskan Tiga Bulan

0
551

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Sejumlah program prioritas hasil sidang pleno pertama tahun 2022  diharapkan dapat dilaksanakan oleh pengurus dewan pimpinan cabang (DPC) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) kabupaten Yahukimo periode 2021-2024 selama tiga bulan kedepan sebelum akhir tahun.

DPC GAMKI kabupaten Yahukimo mengadakan sidang pleno pertama di aula GKI Ziegried Sollner, Dekai, Yahukimo, Senin (12/9/2022). Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dominggus Stanley Noya, ketua DPD GAMKI Papua.

Dalam sambutannya, Dominggus mengatakan, GAMKI merupakan organisasi pengkaderan pemuda Kristen yang bersifat independen, yang berakar di dalam Gereja, masyarakat, bangsa, dan negara, serta tidak berafiliasi pada salah satu kekuatan sosial politik manapun.

“Sebagai organisasi turunan gereja, pengurus DPC GAMKI Yahukimo bisa melakukan koordinasi, komunikasi, dan menjalin kemitraan bersama gereja, pemerintah daerah, masyarakat, serta seluruh stakeholder yang ada di kabupaten Yahukimo,” katanya memberi arahan.

Baca Juga:  ULMWP Kutuk Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Menurut Noya, organisasi pemuda yang lahir dari rahim gereja itu telah diakui sebagai mitra pemerintah.

ads

“GAMKI adalah organisasi pemuda yang lahir dari rahim gereja dan besar dari gereja, sehingga memang GAMKI harus bangun konsolidasi dengan teman-teman dari gereja lain, dan terus melayani dan bersekutu. GAMKI juga sebagai mitra pemerintah. Terima kasih bapak bupati dan Forkopimda yang sudah hadir di sini,” tuturnya.

Dominggus berharap sidang pleno pertama DPC GAMKI Yahukimo dapat merumuskan dengan baik program prioritas untuk dilaksanakan tepat sasaran.

Sementara itu, Okto Kambue, ketua DPC GAMKI Yahukimo, menyampaikan terima kasih kepada pengurus bersama seluruh anggota dan peserta sidang dari sembilan denominasi gereja yang ada di kabupaten Yahukimo.

Baca Juga:  KKB Minta Komisi Tinggi HAM Investigasi Kasus Penyiksaan OAP

Kambue menyebut kegiatan ini sangat tepat untuk merumuskan program-program internal dan eksternal hasil dari konferensi cabang (Konfercab) sebelumnya, 10 Desember 2021.

“Sidang pleno pertama ini program kerja dari DPC GAMKI Yahukimo. Sebenarnya pada awal tahun ini, tetapi karena satu dan lain hal, sidang pleno baru bisa diselenggarakan sekarang,” jelasnya.

Dengan hitungan waktu tiga bulan kedepan, diharapkan program hasil sidang pleno tahun 2022 dapat dilaksanakan.

“Paling penting, pembahasan program ini kami harap sudah dipahami oleh para pengurus DPC GAMKI Yahukimo. Hirarki dan urutan apa saja yang menjadi program prioritas, tentu kami bersama-sama jalankan sesuai program-program yang dituangkan dalam sidang pleno pertama ini,” kata Kambue.

Okto juga berharap, seluruh pemuda Kristen dan pemuda lainnya dapat bersatu dalam GAMKI untuk membangun wadah kepemudaan di kabupaten Yahukimo.

Baca Juga:  PT IKS Diduga Mencaplok Ratusan Hektar Tanah Adat Milik Marga Sagaja

Marthen Tahes, ketua panitia sidang pleno pertama, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Ia menilai itu sebagai bukti dukungan terhadap kebangkitan wadah pengkaderan pemuda gereja di kabupaten Yahukimo.

“Kami mulai sejak tanggal 10 Juni lalu setelah panitia dibentuk. Beberapa upaya kami lalui sampai kegiatannya bisa dilakukan saat ini. Terima kasih atas dukungan semua pihak yang menghendaki organisasi pengkaderan ini harus bangkit. Tuhan memberkati saudara-saudari semuanya,” kata Marthen.

Hadir dalam kegiatan ini bupati Didimus Yahuli, ketua DPRD Yosias Mirin, Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana, pengurus KNPI, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Pewarta: Atamus Kepno
Editor: Markus You

Artikel sebelumnyaTragedi Paniai Berdarah: Adili IS di PN Makassar Tidak Sesuai Fakta
Artikel berikutnyaTPNPB Pimpinan Lamek Taplo Mengaku Bakar Alat Berat di Oksebang