BeritaJenazah AM akan Diotopsi Malam Ini

Jenazah AM akan Diotopsi Malam Ini

SORONG, SUARAPAPUA.com — Jenazah Abraham Mate (AM) yang menjadi korban salah tangkap pada kasus Kisor, Maybrat 21 September 2021 lalu, akan diotopsi di RS. Selebesolu, Kota Sorong pada pukul 10 malam ini.

Sofia Mate, yang juga merupakan kakak perempuan korban mengatakan, diperkirakan pada pukul 22.00 malam ini akan dilakukan otopsi jenazah AM. Setelah otopsi jenazahnya dilakukan, ia pun berharap, pemakamannya akan dilakukan di Sorong atau kembali dimakamkan di Maybrat.

Baca Juga:  Dua Anak Diterjang Peluru, Satu Tewas, Satu Kritis Dalam Konflik di Intan Jaya

“Rencana malam ini jam 22.00 waktu Sorong. Kami, harap setelah itu dimakamkan karena sudah lama. Kasihan adik saya. Karena tidak mungkin kami menahan jenazah selama dua minggu. Kami akan makamkan di Sorong atau kembali ke Maybrat nanti setelah autopsi lalu diputuskan bersama kuasa hukum dan keluarga lainnya,”Jelas Sofia, kepada suarapapua.com pada, Sabtu sore (05/11/2022).

Sementara itu, Mauludin, dokter forensik dari Makassar sudah didatangkan dan akan bersama tim spesialis bedah untuk melakukan operasi. Menurutnya, bagian tubuh seperti jantung, hati, ginjal dan paru diambil sampelnya sekitar 100cm dan semua tubuh yang tidak wajar akan diautopsi.

Baca Juga:  Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu di PBD Resmi Dimulai

“Semua bagian yang tidak wajar akan diambil sampelnya. Bagian tubuh seperti jantung, hati, ginjal, paru-paru diambil 100cm”, papar dokter Forensik.

Kuasa Hukum Korban, Leonard Ijie, mengatakan proses autopsi harus berjalan dengan terbuka, sehingga semua pihak dan terlebih khusus lagi keluarga korban dapat mengikuti proses tersebut.

“Saya selaku kuasa hukum dan keluarga menginginkan semua proses berjalan secara transparan,”pinta Leo.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

Jenazah sampai saat ini masih di Frizer, tempat khusus pengawetan jenazah di ruang Kamboja,RS. Selebesolu, Kota Sorong. Malam ini, semua keluarga tetap di sana menunggu proses autopsi.

 

Pewarta: Maria Baru 

Penyunting naskah: Yance Agapa

Editor: Arnold Belau 

Terkini

Populer Minggu Ini:

Manasseh Sogavare Mengundurkan Diri Dari Pencalonan Perdana Menteri

0
“Saya sangat menyadari tantangan yang ada dan saya tahu bahwa terkadang hal ini dapat menjadi beban dan kesepian; namun saya yakin bahwa saya terhibur dengan kebijakan yang baik yang kami miliki dan solidaritas dalam koalisi kami.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.