ADVERTORIALDogiyai BahagiaBupati Dogiyai Sikapi Kasus Kecelakaan Lalu Lintas dan Kerusuhan di Kabupaten Dogiyai

Bupati Dogiyai Sikapi Kasus Kecelakaan Lalu Lintas dan Kerusuhan di Kabupaten Dogiyai

Siaran Pers Menyikapi Masalah Kecelakaan Lalu Lintas dan Kerusuhan di Kabupaten Dogiyai

Pada hari Sabtu, 12 November 2022, telah terjadi kasus kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan satu orang meninggal dunia di Kampung Putapa, Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai. Kasus ini kemudian berlanjut dengan dilakukannya pembakaran rumah warga, kios, dan kantor pemerintah Kabupaten Dogiyai, pembunuhan terhadap satu orang warga, dua orang anggota polisi terluka akibat terkena panah, satu orang warga terluka, dan empat orang sementara dinyatakan hilang.

Menanggapi masalah tersebut, Bupati Dogiyai menyampaikan beberapa pernyataan sebagai berikut:

(1). Pemerintah Kabupaten Dogiyai menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya warga Kabupaten Dogiyai akibat kecelakaan lalu lintas maupun akibat pembunuhan yang dilakukan oleh pihak yang terlibat dalam kerusuhan. Kami berdoa semoga arwah mereka diterima di sisi Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa dan keluarga yang ditinggalkannya diberi ketabahan dan kebahagiaan dalam hidupnya di dunia.

Baca Juga:  PTFI Bina Pengusaha Muda Papua Melalui Papuan Bridge Program

(2). Pelaku kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan seorang anak meninggal dunia agar diproses hukum dan diberi hukuman sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

(3). Pemerintah Kabupaten Dogiyai mengutuk keras semua pihak yang melakukan kerusuhan dan tindakan kekerasan dalam bentuk apapun, yang menyebabkan terbunuhnya warga yang tidak bersalah, melakukan pembakaran rumah, kios dan kantor, dan melakukan pemanahan terhadap anggota polisi yang sedang melaksanakan tugas.

Baca Juga:  Kemenparekraf Ajak Seluruh Pelaku Usaha Kreatif di Indonesia Ikut AKI 2024

(4). Pihak penegak hukum harus mengambil tindakan tegas dengan memproses hukum semua pihak atau pelaku yang terlibat dalam kerusuhan dan tindakan kekerasan dalam kasus ini.

(5). Berlaku sejak terjadinya permasalahan ini sampai waktu yang tidak ditentukan, terutama menjelang Natal dan Tahun Baru, pengamanan di wilayah Kabupaten Dogiyai lebih ditingkatkan. Bersamaan dengan itu, dilarang keras melakukan aksi demonstrasi, kegiatan-kegiatan dalam bentuk massa kecuali untuk kepentingan ibadah, dan tindakan-tindakan lain yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

(6). Disampaikam kepada semua pihak agar tidak melakukan tindakan provokasi dalam bentuk apapun dan tidak menyebarkan berita bohong (hoax) secara lisan maupun melalui media massa dan media sosial yang dapat memperparah gangguan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Dogiyai.

Baca Juga:  Perusahaan HTI PT Merauke RJ di Boven Digoel Diduga Melakukan Tindakan Melawan Hukum

(7). Pemerintah Kabupaten Dogiyai akan melakukan pendataan terhadap semua kerugian yang dialami oleh warga yang tidak bersalah dan akan dilakukan penanganan secara wajar atas kerugian-kerugian tersebut dengan berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku.

(8). Pemerintah Kabupaten Dogiyai akan melakukan proses pemulihan pasca-kerusuhan dengan melibatkan semua pihak. Untuk itu, dihimbau kepada semua warga Kabupaten Dogiyai untuk tetap beraktivitas secara normal dan tetap menjaga keamanan dan ketertiban.

Demikian pernyataan pers ini disampaikan untuk dipublikasikan sesuai dengan pernyataan aslinya. Terimakasih.

Kigamani, 14 November 2022

Bupati Dogiyai,

Yakobus Dumupa, S.IP, M.I.P

 

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai Demokrat se-Papua Tengah Jaring Bakal Calon Kepala Daerah Jelang Pilkada...

0
Grace Ludiana Boikawai, kepala Bappiluda Partai Demokrat provinsi Papua Tengah, menambahkan, informasi teknis lainnya akan disampaikan panitia dan pengurus partai Demokrat di sekretariat pendaftaran masing-masing tingkatan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.