Tanah PapuaMamtaAPBD Kabupaten Jayapura Harus Berpihak Pada OAP

APBD Kabupaten Jayapura Harus Berpihak Pada OAP

SENTANI, SUARAPAPUA.com— Penjabat Bupati Jayapura (Pj), Triwarno Purnomo menyatakan setiap kegiatan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten Jayapura harus berpihak pada masyarakat, terutama untuk Orang Asli Papua (OAP)

“APBD merupakan dasar realisasi pendapatan dan belanja. Tidak ada kegiatan lain yang bisa dikerjakan di luar APBD,” kata Purnomo setelah serah terima jabatan dari Pelaksana Harian (Plh) Bupati Jayapura kepada Penjabat (Pj) Bupati Jayapura di Sentani, Kamis (29/12/2022).

Menurut Triwarno, program kerja melalui APBD harus merata dan adil dalam rangka singkronisasi dengan program pemerintah, baik provinsi maupun pemerintah pusat.

“Ini semua juga untuk pemulihan ekonomi nasional dan bagaimana kami mengawal reformasi struktural demi Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” ujarnya.

Baca Juga:  PWI Pusat Awali Pra UKW, 30 Wartawan di Papua Tengah Siap Mengikuti UKW

Dia menjelaskan tema peringatan pada HUT RI ke – 77 tersebut juga harus ada di bumi ‘Kenambai Umbai’, untuk pulih lebih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Terkait itu kata dia, pihaknya telah melaksanakan rapat pendahuluan bersama para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan forum koordinasi pimpinan daerah untuk mengetahui pengelolaan anggaran di Kabupaten Jayapura untuk tahun 2022.

“Jadi sudah secara garis besar sudah diketahui, di mana Pemkab Jayapura telah menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang menandakan Pemkab Jayapura telah melaksanakan pelayanan bagi masyarakat dengan baik,” katanya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Segera Perintahkan Panglima TNI Proses Prajurit Penyiksa Warga Sipil Papua

Dia menambahkan bahwa ke depan dalam pelayanan pihaknya akan dilakukan yang terbaik demi kesejahteraan masyarakat, terutama persoalan yang dihadapi warga untuk segera diselesaikan.

“Selamat menjabat kurang lebih satu setengah tahun ini nanti saya akan berikan yang terbaik buat masyarakat kabupaten Jayapura,” pungkasnya.

Serah terima jabatan (Sertijab) dari Plh kepada Pj. sendiri dilaksanakan di aula Kantor Bupati Kabupaten Jayapura di Gunung Merah Sentani pada, 29 Desember 2022.

Pelaksana tugas harian (Plh) Bupati Kabupaten Jayapura sendiri dijabat oleh Dra. Hana Salomina Hikoyabi selama kurang lebih 17 hari bekerja.

Baca Juga:  Velix Vernando Wanggai Pimpin Asosiasi Kepala Daerah se-Tanah Papua

Dalam serah terima itu Pj. Purnomo menyampaikan terima kasih kepada Sekda Kabupaten Jayapura yang selama 17 hari menjabat sebagai pelaksana tugas harian bupati Jayapura yang telah mengawal dan menjaga berjalannya roda pemerintahan hingga serah terima pada hari ini.

Purnomo mengaku mendapat laporan terkait beberapa masalah yang belum diselesaikan di Kabupaten Jayapura ini. Terutama katanya, soal jalan Sentani Kemiri dan persoalan kelapa Sawit, termasuk soal kepala kampung.

“Nanti segera saya tindak lanjuti semua untuk menjawab aspirasi-aspirasi itu,” tuturnya.

Purnomo akan menjabat sebagai penjabat Bupati Jayapura kurang lebih satu setengah tahun.

 

Pewarta: Yance Wenda
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai-Partai Oposisi Kepulauan Solomon Berlomba Bergabung Membentuk Pemerintahan

0
"Kelompok kami menanggapi tangisan dan keinginan rakyat kami untuk merebut kembali Kepulauan Solomon dan mengembalikan kepercayaan pada kepemimpinan dan pemerintahan negara kami," kata koalisi tersebut dalam sebuah pernyataan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.