PartnersPM Baru Fiji Menjanjikan Fiji yang Lebih Baik dan Tetap Bersatu

PM Baru Fiji Menjanjikan Fiji yang Lebih Baik dan Tetap Bersatu

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Perdana Menteri Fiji, Sitiveni Rabuka menyampaikan pidato pertama kenegaraannya pada, Kamis (29/12/2022). Dalam pidatonya itu ia menjanjikan Fiji yang lebih baik dan agar tetap bersatu.

Jabatan PM Fiji kali ini bagi Rabuka merupakan jabatan keduanya dalam karir politiknya. Pidato kenegaraan pertamanya itu disampaikan dirinya melalui media resmi pemerintah Fiji.

“Negara kita sedang mengalami kebangkitan yang hebat dan menggembirakan. Saya senang menjadi bagian dari itu, dan saya diingatkan akan tanggung jawab berat yang sekarang saya pikul,” kata Rabuka dalam pidatonya itu.

Baca Juga:  Prancis Mendukung Aturan Pemilihan Umum Baru Untuk Kaledonia Baru

Selain menjadi perdana menteri, Rabuka juga bertanggung jawab atas urusan luar negeri, perubahan iklim, lingkungan hidup, layanan sipil, informasi dan perusahaan publik, dan memimpin kabinet yang terdiri dari 19 menteri, serta 10 asisten menteri.

Katanya, kabinetnya itu “lebih besar daripada yang saya rencanakan sebelumnya. Seberapa dari anda [rakyat Fiji] akan khawatir tentang biayanya,” katanya.

Baca Juga:  Pasukan Keamanan Prancis di Nouméa Menjelang Dua Aksi yang Berlawanan

Tetapi ia memberikan jaminan kepada rakyat Fiji bahwa ia akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memangkas biaya, dimulai dengan pemotongan gaji anggota parlemen.

“Dalam demokrasi, rakyatlah yang bertanggung jawab,” ujar Rabuka.

“Seperti saya adalah perwakilan yang dipilih rakyat, termasuk rekan-rekan anggota parlemen juga tidak berkuasa atas rakyat. Kami adalah pelayan anda [rakyat]. Kami di sini untuk mendengarkan keprihatinan anda dan menghormati pandangan anda.”

Baca Juga:  Jurnalis Senior Ini Resmi Menjabat Komisaris PT KBI

Dalam pidatonya, ia menetapkan arah yang akan dituju oleh pemerintahan koalisi Aliansi Rakyat-Partai Federasi Nasional-Partai Liberal Sosial Demokrat Rabuka.

 

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Poksus DPR Papua Mendukung Upaya MRP Soal Rekrutmen Politik

0
“Ini sebagai bentuk integrasi bangsa. Dan untuk mewujudkan pikiran ini, maka diharapkan bapak Presiden Republik Indonesia dapat meninggalkan legacy dengan diatur dalam Perppu dan diharapkan KPU dapat membuat PKPU Khusus Papua,” kata John Gluba Gebze.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.