Tanah PapuaMamtaKorban Kebakaran di Sentani Mendapat Bantuan Alat Tidur Dari Sekda Jayapura

Korban Kebakaran di Sentani Mendapat Bantuan Alat Tidur Dari Sekda Jayapura

SENTANI, SUARAPAPUA.com— Musibah kebakaran kembali terjadi  di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura. Kali ini kebakaran terjadi di jalan Youmakhe, kelurahan Hinekombe, distrik Sentani Kabupaten Jayapura, Papua pada, Kamis (12/1/2023) malam sekira pukul 20.45 WIT.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Dr. Hana Hikoyabi mendatangi lokasi kebakaran untuk melihat langsung lokasi kebakaran tersebut, dan memberikan bantuan kepada warga korban kebakaran.

“Api cepat menyambar delapan petak rumah kost yang dijadikan kios, warung makan, depot air minum dan penjualan BBM eceran jenis Pertalite, serta dua orang mengalami luka bakar,” jelas Sekda Hikoyabi usai mendengar keterangan dari warga.

Baca Juga:  Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

Diketahui, Sekda Kabupaten Jayapura didampingi Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Jayapura Arry R. Deda melihat lokasi kebakaran, lalu menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada para korban kebakaran tersebut.

“Sumbangan (bantuan) tanggap darurat yang Pemkab Kabupaten Jayapura berikan ini jenisnya bermacam-macam. Ada perlengkapan bayi, kemudian alat tidur seperti kasur maupun selimut, serta bantuan makanan kepada korban kebakaran,” kata Sekda yang didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jayapura, Arry Deda di Sentani, Jumat (13/1/2023).

Terkait bantuan kata Sekda, merupakan bantuan awal, sambil menunggu Dinas Sosial Kabupaten Jayapura melakukan pendataan terhadap para korban.

“Nanti setelah mereka di data dengan baik, baru selanjutnya kami akan memikirkan lagi bantuan seperti apa yang perlu diberikan. Supaya aktivitas ekonomi para korban kebakaran dapat berjalan kembali,” ujarnya.

Baca Juga:  Jawaban Anggota DPRP Saat Terima Aspirasi FMRPAM di Gapura Uncen

Dengan adanya musibah tersebut, Sekda mengimbau agar warga di Kabupaten Jayapura, khususnya di Kota Sentani untuk terus waspada.

“Mudah-mudahan para korban musibah kebakaran dapat bangkit dan pulih lebih cepat, serta ditambahkan rejekinya. Sehingga semua yang hilang kembali seperti semula bahkan lebih lagi,” harap perempuan yang pernah menjabat Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura itu diakhir wawancaranya.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan warga, akibat dari kebakaran itu, seorang ibu bernama Titin mengalami luka bakar karena terkena kobaran api.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

Kebakaran itu diduga dipicu dari ledakan kompor gas dari salah satu penghuni rumah kos yang merupakan pemilik warung.

“Dari kompor gas yang dipakai untuk menggoreng gorengan, kemudian keluar asap yang diduga selang kompor gas bocor yang disertai dengan nyala api,” jelas seorang warga yang tidak menyebutkan nama di lokasi kejadian.

Aparat kepolisian dari Polres Jayapura langsung mengerahkan satu unit mobil Water Canon ke lokasi kejadian untuk memadamkan api. Pasca kejadian, pihak kepolisian masih mendalami proses terjadinya kebakaran itu.

 

Pewarta: Yance Wenda
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

20 Tahun Menanti, Suku Moi Siap Rebut Kursi Wali Kota Sorong

0
"Kami ingin membangun kota Sorong dalam bingkai semangat kebersamaan, sebab daerah ini multietnik dan agama. Kini saatnya kami suku Moi bertarung dalam proses pemilihan wali kota Sorong," ujar Silas Ongge Kalami.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.