BeritaProgram Ekonomi Biru, KKP Siapkan Pengawasan dan Pengendalian Mutu

Program Ekonomi Biru, KKP Siapkan Pengawasan dan Pengendalian Mutu

SORONG, SUARAPAPUA.com— Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan langkah pengendalian dan pengawasan mutu hasil kelautan dan perikanan, guna mendukung penuh peta jalan (roadmap) ekonomi biru (Blue Economy).

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Pamuji Lestari mengatakan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) menjadi garda terdepan sebagai unit penjamin mutu (Quality Assurance) misalnya dalam hal penangkapan ikan terukur (PIT)

Quality assurance ini kita lakukan di kapal penangkap ikan, pelabuhan pendaratan dan mendorong peningkatkan jumlah kapal perikanan yang patuh terhadap persyaratan mutu,” ungkap Lestari saat membuka Rakernas BKIPM tahun 2023 di Kota Sorong, Papua Barat Daya,  Senin (13/2/2023).

Baca Juga:  Kemenparekraf Ajak Seluruh Pelaku Usaha Kreatif di Indonesia Ikut AKI 2024

Dipaparkannya, jaminan mutu juga diterapkan pada bidang pengembangan perikanan budidaya di laut, pesisir dan darat yang berkelanjutan. Di mana jaminan mutu ini terlihat dari cara budidaya ikan yang baik (CBIB) serta penerapan ke tertelusuran (Traceability).

“Quality assurance berperan penting dalam mewujudkan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan. Dengan begitu akan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan nelayan, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasaran hasil serta masyarakat umum,” tuturnya.

Baca Juga:  Non OAP Kuasai Kursi DPRD Hingga Jual Pinang di Kota Sorong

Kepala BKIPM mengingatkan pentingnya menjalankan pengendalian mutu yang kuat dan efektif, untuk memastikan target produksi tercapai sekaligus memenuhi standar mutu.

“Semoga kita bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan capaian kinerja ekspor hasil perikanan yang dijamin mutunya sebesar 1,27 juta ton di tahun 2022 dan diterima oleh 172 negara,” kata Lestari.

Sementara itu dilansir dari kkp.go.id, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyebut karantina dan pengendalian mutu menjadi garda terdepan dalam menjaga mutu hasil perikanan.

Baca Juga:  Upaya Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Jaga Pasokan BBM Saat Lebaran

“Pengendalian Mutu tetap menjadi domain dari KKP, memastikan dari hulu hingga hilir dan dapat memenuhi standar dan kualifikasi yang telah ditentukan. KKP sudah merancang suatu program besar bertema blue economy,” kata Menteri Trenggono.

Rakernas BKIPM yang  terlaksana di Kota Sorong, Papua Barat Daya sejak 13-16 Februari 2023 untuk menegaskan perhatian KKP terhadap potensi perikanan di wilayah timur Indonesia.

 

Pewarta: Reiner Brabar
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

20 Tahun Menanti, Suku Moi Siap Rebut Kursi Wali Kota Sorong

0
"Kami ingin membangun kota Sorong dalam bingkai semangat kebersamaan, sebab daerah ini multietnik dan agama. Kini saatnya kami suku Moi bertarung dalam proses pemilihan wali kota Sorong," ujar Silas Ongge Kalami.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.