Tanah PapuaLa PagoLP3BH Desak Kapolda Papua Copot Kapolres Jayawijaya

LP3BH Desak Kapolda Papua Copot Kapolres Jayawijaya

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Yan Christian Warinusi, Sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari mendesak Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fachiri mencopot Kapolres Jayawijaya, AKBP Hesman S. Napitupulu.

“Saya sebagai Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari mendesak Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fachiri untuk segera pada kesempatan pertama sebelum akhir Februari 2023 mencopot secara tidak hormat Saudara Kapolres Jayawijaya AKBP Hesman S. Napitupulu. Karena dipandang tidak mampu menjamin keamanan dan keselamatan warga sipil di kota Wamena dan sekitarnya,” tegas Yan Warinusi melalui pesan elektronik peda suarapapua.com, Minggu (26/2/2023).

Baca Juga:  Vince Tebay, Perempuan Mee Pertama Raih Gelar Profesor

Ia mengatakan, terbukti pasca peristiwa kerusuhan pada, Kamis (23/2/2023) diduga mengakibatkan 11 korban meninggal dan sekitar 23 orang luka-luka.

Kemudian hari ini, Minggu (26/2/2023) atau 3 hari pasca kejadian awal terjadi lagi tindak kekerasan yang mengakibatkan 2 warga sipil mengalami luka serius dan harus dirawat di RS Wamena.

LP3BH Manokwari memandang bahwa seyogyanya Kapolres Jayawijaya tersebut semestinya mampu melakukan langkah komunikasi sosial dengan tokoh-tokoh dari suku yang diduga terlibat pada kerusuhan, Kamis minggu lalu tersebut. Sehingga dapat ditekan potensi keberulangan dari peristiwa kekerasan tersebut.

Baca Juga:  Empat Jurnalis di Nabire Dihadang Hingga Dikeroyok Polisi Saat Liput Aksi Demo

Dikatakan, terjadinya kekerasan pada sore dan malam hari itu semakin memberi bukti bahwa kepemimpinan AKBP Napitupulu selaku Kapolres Jayawijaya patut dievaluasi dan segera diambil tindakan tegas terhadapnya.

“Termasuk menggelar pemeriksaan internal menurut hukum dan disiplin Polri terhadap oknum Kapolres Jayawijaya tersebut,” punkasnya.

Kapolres Jayawijaya dicopot
Pasca kejadian Wamena pada, 23 Februari 2023, Kapolres Jayawijaya AKBP Hesman S. Napitupulu dicopot.

Baca Juga:  Seorang Fotografer Asal Rusia Ditangkap Apkam di Paniai

Kapolres Jayawijaya dicopot berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor Kep:263/II/2023 tanggal 23-2-2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Kepolisian Negara RI.

Terkait pergantian itu telah disampaikan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Mahasiswa Papua di Sulut Akan Gelar Aksi Damai Peringati Hari Aneksasi

0
“Jadi hasil akhir dari diskusi bahwa tanggal 1 Mey 2024 akan dilakukan aksi damai (aksi kampanye), sementara yang menjadi penanggung jawab dari aksi 1 Mei 2024 ini adalah organisasi KNPB Konsulat Indonesia yang dibawahi oleh saudara Agusten dan Kris sebagai coordinator lapangan,” jelas Meage.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.