Tanah PapuaLa PagoWarga Elelim Keluhkan Patroli dan Sweeping Aparat Gabungan TNI dan Polri

Warga Elelim Keluhkan Patroli dan Sweeping Aparat Gabungan TNI dan Polri

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Warga masyarakat distrik Elelim Kabupaten Yalimo Provinsi Papua Pegunungan mengaku tidak nyaman dengan dilakukannya patroli gabungan dan sweeping oleh aparat TNI/Polri di wilayah tersebut.

Pengakuan itu disampaikan warga yang tidak mau menyebutkan namanya pada, Senin (7/3/2023) lantaran kegiatan yang dilakukan aparat gabungan tersebut dinilai mengganggu kenyamanan warga dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Diketahui, aparat TNI dan Polri dari Satgas Yonif Raider 142/KJ melalui Pos Kotis Elelim bersama dengan anggota Polri dari Polres Yalimo melaksanakan patroli gabungan dan sweeping di wilayah distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua Pegunungan pada, Senin (7/3/2023).

Baca Juga:  Empat Jurnalis di Nabire Dihadang Hingga Dikeroyok Polisi Saat Liput Aksi Demo

Patroli dan sweeping itu dilakukan aparat TNI/Polri guna mengantisipasi situasi dan kondisi keamanan di Wilayah Pegunungan Papua yang belakangan mendapat gangguan keamanan dari pihak TPNPB.

“Kegiatan seperti ini dilakukan terhadap warga di kampung dan kami rasa tidak nyaman. Karena rumah kami diperiksa, termasuk hasil kebun dan barang-barang kami diperiksa di jalan,” jelas warga.

Oleh sebab itu, warga masyarakat di distrik Elelim menyampaikan agar aparat TNI/Polri hentikan patroli dan sweeping-sweeping seperti itu, karena mengganggu kenyamanan warga.

Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

“Kami warga merasa tidak aman dengan kehadiran TNI dan Polri, karena mereka [aparat] hadir dengan semua peralatan lengkap seperti senjata apri. Mereka tanya identitas kami, seperti KTP, kartu keluarga. Sedangkan kami ini orang asli Yalimo. Kami yang punya kampung, oleh karena itu kami meminta untuk hentikan semua kegiatan ini,” ucapnya.

Aparat gabungan TNI dan Polri dari Satgas Yonif Raider 142/KJ melalui Pos Kotis Elelim  dan Polres Yalimo melaksanakan patroli gabungan dan sweeping di Wilayah distrik Elelim, Kabupaten Yalimo pada, Senin (7/3/2023).

Dansatgas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Esnan Haryadi menyampaikan patroli dan sweeping itu dilakukan pihaknya sebagai bentuk mengantisipasi gangguan keamanan dari kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) di Wilayah Pegunungan Papua.

Baca Juga:  AJI, PWI, AWP dan Advokat Kecam Tindakan Polisi Terhadap Empat Jurnalis di Nabire

“Kegiatan ini dilakukan demi mengantisipasi lolosnya pihak TPNPB yang melakukan penyanderaan terhadap pilot Susi Air Philips Mehrtens asal New Zealand,” tukasnya.

“Selain melakukan patroli Gabungan dan sweeping, mereka juga melaksanakan patroli tersendiri secara berjalan di wilayah perimeter Kotis Satgas Yonif Raider 142/KJ utamanya tempat vital di wilayah Elelim, Kabupaten Yalimo.”

 

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

Orang Mee dan Moni Saudara, Segera Hentikan Pertikaian!

0
“Kami tegaskan, jangan terjadi permusuhan sampai konflik diantara orang Mee dan Moni. Semua masyarakat harus tenang. Jangan saling dendam. Mee dan Moni satu keluarga. Saudara dekat. Cukup, jangan lanjutkan kasus seperti ini di Nabire, dan di daerah lain pun tidak usah respons secara berlebihan. Kita segera damaikan. Kasus seperti ini jangan terulang lagi,” ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.