BeritaPanpil Pemilihan Anggota MRP Papua Diharapkan Menyampaikan Laporan Kepada Gubernur

Panpil Pemilihan Anggota MRP Papua Diharapkan Menyampaikan Laporan Kepada Gubernur

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pasca dilantiknya Panitia Pemilihan (Panpil) dan Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Anggota MRP Periode 2023-2028 oleh Plh Gubernur Papua beberapa waktu lalu, Panitia kerja melakukan rangkaian pelaksanaan pemilihan Anggota MRP dengan melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) bagi Panwas, Sekretariat Panpil kabupaten/kota se – Papua di Jayapura, Kamis (9/3/2023).

Musa Isir, Ketua Panitia yang juga Kepala Kesbangpol Provinsi Papua mengatakan, maksud dari penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah untuk menyamakan persepsi Panpil, Panwas dan Sekretariat Panpil Anggota MRP Periode 2023 – 2028 di tingkat kabupaten /kota se- Papua dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan, jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  Aksi ASN Pemprov Papua, Gobai: Penempatan Jabatan Perlu Perdasi

“Tujuannya memberikan penguatan kapasitas dan pembekalan tugas kepada penyelenggara dalam melaksanakan proses pemilihan sesuai dengan mekanisme. Sehingga dapat menghasilkan Anggota MRP Periode 2023 – 2028  yang berkualitas, aspiratif, bertanggung jawab dan akuntabel yang merupakan representasi kultur orang asli Papua di dua wilayah adat Tabi dan Saireri,” tukasnya.

Elsye Rumbekwan, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Papua dalam sambutan pembukaanya dengan berakhirnya keanggotaan Anggota MRP jilid III periode 2017 – 2022 pada 20 November 2022 dan telah dilakukan perpanjangan hingga Juni 2023, dituntut kesungguhan para Anggota Panpil dan Panwas provinsi dan Sekretariat Panpil kabupaten/kota se – Papua di bawah koordinasi Kesbangpol provinsi serta kabupaten/kota menyelesaikan tahapan berikutnya.

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Pertamina Monitor Kesiapan Layanan Avtur di Terminal Sentani

“Guna menghasilkan calon terpilih Anggota MRP yang baru Periode 2023 – 2028,” ujarnya.

Dikatakan, Raker tersebut merupakan momentum bagi seluruh Panpil, Panwas, Sekretariat Panpil dalam menjalankan tugasnya agar dapat meningkatkan sinergitas, koordinasi, konsultasi, dan komunikasi antar sesama penyelenggara, mulai dari persiapan sampai tahapan penyelesaian.

Ia lalu berharap agar peserta selalu menyampaikan laporan perkembangan tahapan kepada gubernur dan bupati/walikota secara berjenjang, sehingga kepala daerah dapat mengikuti perkembangan dan ikut memediasi jika timbul masalah yang dapat menghambat jalannya proses pemilihan calon anggota MRP sekretariat Panpil kabupaten/kota se – Papua.

Baca Juga:  Penolakan Memori Banding, Gobay: Majelis Hakim PTTUN Manado Tidak Mengerti Konteks Papua

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

20 Tahun Menanti, Suku Moi Siap Rebut Kursi Wali Kota Sorong

0
"Kami ingin membangun kota Sorong dalam bingkai semangat kebersamaan, sebab daerah ini multietnik dan agama. Kini saatnya kami suku Moi bertarung dalam proses pemilihan wali kota Sorong," ujar Silas Ongge Kalami.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.