Tanah PapuaLa PagoDidimus Yahuli Ajak Masyarakat Yahukimo Kembali Lanjutkan Rutinitas

Didimus Yahuli Ajak Masyarakat Yahukimo Kembali Lanjutkan Rutinitas

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Seluruh komponen masyarakat di kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, diminta kembali beraktivitas seperti biasanya. Disamping tetap waspada terhadap kemungkinan adanya provokasi dari pihak manapun yang hanya membuat situasi Dekai dan sekitarnya tak aman.

Harapan itu disampaikan Didimus Yahuli, bupati kabupaten Yahukimo, menyikapi situasi terakhir di distrik Dekai dan Yahukimo umumnya setelah serangkaian kejadian selama beberapa waktu belakangan.

Didimus Yahuli mengumumkan hal itu melalui surat himbauan umum bernomor 421.1/14/BUP/2023 tentang keamanan, ketertiban dan pelayanan publik.

Baca Juga:  Satgas ODC Tembak Dua Pasukan Elit TPNPB di Yahukimo

Setelah pertemuan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), untuk kelancaran penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan, kepada masyarakat disampaikan agar jangan takut melaksanakan aktivitas kemasyarakatan.

“Seluruh masyarakat agar jangan merasa takut untuk melaksanakan rutinitas kemasyarakatan seperti biasa dan tetap menjaga diri dengan meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya di Dekai, Senin (18/3/2023).

Surat Himbauan dari Bupati Didimus Yahuli menyikapi situasi keamanan belakangan ini di distrik Dekai. (SP)

Kata bupati Didimu Yahuli, warga masyarakat Yahukimo mulai tanggal 20 Maret 2023 diminta segera mulai melanjutkan rutinitas seperti sebelumnya.

“Proses belajar mengajar bagi anak-anak di sekolah segera dibuka kembali, pelayanan perkantoran pemerintahan, aktivitas usaha jual beli dan lain-lainnya,” harap Didimus.

Baca Juga:  Nomenklatur KKB Menjadi OPM, TNI Legitimasi Operasi Militer di Papua

Yahuli juga menekankan, siapapun tak mudah terprovokasi dengan informasi hoaks yang beredar di media sosial dengan sumber tidak jelas.

“Saya harap, kita semua jangan mudah percaya dengan informasi atau berita yang beredar di media sosial karena sekarang banyak propaganda dan provokasi melalui media. Dari semua itu biasanya berisi isu hoaks, tujuannya bikin takut orang, bikin kacau daerah kita ini,” tegasnya.

Sementara itu, AKBP Arief Kristanto, Kapolres Yahukimo, menjelaskan, situasi di distrik Dekai ibukota kabupaten Yahukimo, umumnya dalam keadaan aman saat ini.

Baca Juga:  Koalisi: Selidiki Penyiksaan Terhadap OAP dan Seret Pelakunya ke Pengadilan

“Aktivitas perekonomian masyarakat, pendidikan dan pelayanan di instansi-instansi sudah berjalan dengan normal,” kata Arief.

Kapolres juga memastikan pihaknya terus menjaga kestabilan daerah dan upaya pencegahan dengan meningkatkan keamanan dalam aktivitas keseharian seluruh komponen masyarakat.

“Kami bekerjasama dengan TNI secara intensif melakukan patroli siang dan malam serta pengamanan di objek-objek vital untuk memulihkan Sitkamtibmas di Dekai,” pungkasnya.

Pewarta: Atamus Kepno
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Aksi Hari Aneksasi di Manokwari Dihadang Aparat, Pernyataan Dibacakan di Jalan

0
“Pukul 11. 04 WP pihak keamanan hadirkan pihak DPR PB. Pukul 12. 05 WP, massa aksi kami arahkan untuk menyampaikan orasi politik dari masing-masing organisasi. Akhir dari orasi politik membacakan pernyataan sikap.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.