Tanah PapuaMamtaUskup Matopai Dukung Pendirian Universitas Katolik di Jayapura

Uskup Matopai Dukung Pendirian Universitas Katolik di Jayapura

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Pimpinan Keuskupan Jayapura menyambut baik perjuangan kaum awam Katolik mendirikan sebuah lembaga perguruan tinggi swasta di kota Jayapura. Rencana lama menghadirkan Universitas Katolik (Unika) bakal segera diwujudkan tahun ini.

“Perlunya perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Katolik sudah lama digumuli umat kami. Terutama kelompok awam Katolik sejak lama memperjuangkan hadirnya kampus Unika di Jayapura. Pada prinsipnya saya sangat mendukung rencana itu,” kata Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You, Uskup Keuskupan Jayapura.

Pendirian sebuah kampus memang bukan perkara gampang. Kata pimpinan Gereja Katolik ini, tentu saja butuh perjuangan dan dukungan umat dan semua pihak agar rencana tersebut bisa direalisasikan.

Baca Juga:  Festival Angkat Sampah di Lembah Emereuw, Bentuk Kritik Terhadap Pemerintah

“Pendirian Unika ini masih tahap perencanaan dan kami sudah beberapa kali bicarakan. Sudah ada tim yang sedang kerjakan. Tentu perlu dilihat kembali sudah sejauh mana kesiapannya. Ya, memang tidak gampang untuk dirikan sebuah kampus. Jadi, kalau di tahap perencanaannya sudah berjalan baik soal tempat perkuliahan dan ketersediaan staf dosen, kemudian laporkan ke pemerintah untuk terbitkan izin operasional, maka bisa saja tahun ini kita umumkan untuk terima mahasiswa baru,” tuturnya.

Keuskupan Jayapura hingga kini masih mengawal kerja-kerja tim penggagas dalam urusan legalitas termasuk persiapan lainnya.

Baca Juga:  Asosiasi Wartawan Papua Taruh Fondasi di Pra Raker Pertama

Kehadiran kampus Unika itu, jelas Uskup Matopai, akan dikelola oleh sebuah lembaga bentukan lima keuskupan Regio Papua.

“Unika akan ditangani oleh satu yayasan tersendiri dibawah pengawasan keuskupan. Menuju ke sana, seluruh persiapannya menjadi tanggung jawab pihak keuskupan. Pendirian kampus Unika di kota Jayapura merupakan hasil kesepakatan dalam rapat para uskup se-Papua pada tanggal 7 Juni 2023.”

Sembari berharap rencananya bisa terwujud, dukungan pemerintah juga sangat dibutuhkan dalam rangka pendirian kampus hingga operasionalnya.

Sebelumnya, Frans Pekey, penjabat walikota Jayapura, menyatakan siap mendukung kehadiran kampus Unika di kota Jayapura.

Baca Juga:  Vince Tebay, Perempuan Mee Pertama Raih Gelar Profesor

“Pemerintah pada prinsipnya ada untuk semua pihak. Terkait rencana Keuskupan Jayapura bersama awam Katolik mendirikan kampus di kota Jayapura, pemerintah sangat mendukung hal itu,” ujarnya.

Peranan Gereja Katolik di Tanah Papua terutama melalui Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik (YPPK), kata Frans, patut dijempoli karena turut berperan penting dalam memajukan pendidikan hingga ke pelosok dan pedalaman.

“YPPK sebagai bagian penting dari misi Gereja Katolik di Tanah Papua turut berkontribusi dengan hadirnya sekolah-sekolah hingga di pedalaman dan kepulauan, sehingga akan sangat baik bila rencana bangun kampus itu bisa diwujudkan.” []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai-Partai Oposisi Kepulauan Solomon Berlomba Bergabung Membentuk Pemerintahan

0
"Kelompok kami menanggapi tangisan dan keinginan rakyat kami untuk merebut kembali Kepulauan Solomon dan mengembalikan kepercayaan pada kepemimpinan dan pemerintahan negara kami," kata koalisi tersebut dalam sebuah pernyataan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.