Tanah PapuaLa PagoUmat di Wamena Sambut Meriah Kunjungan Uskup Yanuarius You

Umat di Wamena Sambut Meriah Kunjungan Uskup Yanuarius You

Editor :
Elisa Sekenyap

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Ratusan umat Tuhan di Wamena sambut meriah kunjungan Uskup Mgr. Yanuarius Teofilus Matopai You dengan tarian dari berbagai suku yang ada di Wamena.

Mgr. Dr. Yanuarius Teofilus Matopai You, Pr, merupakan Uskup orang asli Papua pertama yang menjabat Uskup Jayapura setelah dipilih Paus Fransiskus dalam catatan sejarah sejak 128 tahun Gereja Katolik di Tanah Papua.

Uskup You ditunjuk Paus Fransiskus pada 29 Oktober 2022 menggantikan Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM yang berhenti karena memasuki masa pensiun.

Baca Juga:  Doa Akbar dan Makan Bersama Ones Pahabol Dihadiri Ribuan Masyarakat Yahukimo

Dari pantauan suarapapua.com, umat Tuhan di Wamena padati jalan-jalan di kota Wamena untuk menyambut Uskup Jayapura.

Uskup akan ada di Wamena sejak 6 – 7 Juli 2023 dalam kunjungannya itu sejak menjabat Uskup Jayapura belum lama ini.

Umat Tuhan tumpah ruah di kota Wamena untuk menyambut kedatangan Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius Teofilus Matopai You. (Ronny Hisage – SP)

Sebelumnya, pemerintah kabupaten Jayawijaya, mengaku siap menyambut kedatangan Uskup Keuskupan Jayapura di Dekenat Pegunungan Tengah di Wamena, kabupaten Jayawijaya pada 6 Juli 2023.

Baca Juga:  Pemuda Katolik Papua Tengah Mendukung Aspirasi Umat Keuskupan Jayapura

Wakil bupati kabupaten Jayawijaya, Marthin Yogobi kepada suarapapua.com, Rabu (5/7/2023) mengatakan, pada prinsipnya pemerintah daerah [kabupaten Jayawijaya] siap menyambut beliau [Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius You] datang ke Dekenat Pegunungan Tengah.

“Makanya kita pemerintah daerah sudah mendukung kegiatan-kegiatan panitia yang akan dilaksanakan tanggal 6 dan 7 Juli 2023,” kata Yogobi.

“Sekarang itu [seluruh umat Katolik di Dekenat Pegunungan Tengah] lagi persiapan semua di lokasi kegiatan. Jadi, pada prinsipnya, kami pemerintah kabupaten Jayawijaya siap untuk menyambut beliau [Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius You] datang ke Wamena Dekenat Pegunungan Tengah,” katanya.

Menurutnya, Pemkab hanya memfasilitasi dalam penjemputan Uskup dari bandara hingga tempat kegiatan.

Baca Juga:  Ini Alasan Lampu PLTD Lanny Jaya Tidak Menyala Selama Lima Bulan

“Kalau acara khusus dengan pemerintah daerah tidak ada. Untuk tanggal 7 Juli, semuanya di Wesaput. Pemerintah juga diundang, sehingga kami akan hadir di sana,” ucapnya. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Panglima TNI Bentuk Koops Habema Tangani Papua

0
Ia berharap pembentukan Koops itu dapat mengintegrasikan pola operasi TNI dan Polri, sehingga penanganan konflik di Papua lebih efektif.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.