Tanah PapuaLa PagoUmat di Wamena Sambut Meriah Kunjungan Uskup Yanuarius You

Umat di Wamena Sambut Meriah Kunjungan Uskup Yanuarius You

Editor :
Elisa Sekenyap

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Ratusan umat Tuhan di Wamena sambut meriah kunjungan Uskup Mgr. Yanuarius Teofilus Matopai You dengan tarian dari berbagai suku yang ada di Wamena.

Mgr. Dr. Yanuarius Teofilus Matopai You, Pr, merupakan Uskup orang asli Papua pertama yang menjabat Uskup Jayapura setelah dipilih Paus Fransiskus dalam catatan sejarah sejak 128 tahun Gereja Katolik di Tanah Papua.

Uskup You ditunjuk Paus Fransiskus pada 29 Oktober 2022 menggantikan Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM yang berhenti karena memasuki masa pensiun.

Baca Juga:  Asosiasi Wartawan Papua Taruh Fondasi di Pra Raker Pertama

Dari pantauan suarapapua.com, umat Tuhan di Wamena padati jalan-jalan di kota Wamena untuk menyambut Uskup Jayapura.

Uskup akan ada di Wamena sejak 6 – 7 Juli 2023 dalam kunjungannya itu sejak menjabat Uskup Jayapura belum lama ini.

Umat Tuhan tumpah ruah di kota Wamena untuk menyambut kedatangan Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius Teofilus Matopai You. (Ronny Hisage – SP)

Sebelumnya, pemerintah kabupaten Jayawijaya, mengaku siap menyambut kedatangan Uskup Keuskupan Jayapura di Dekenat Pegunungan Tengah di Wamena, kabupaten Jayawijaya pada 6 Juli 2023.

Baca Juga:  Pj Bupati Lanny Jaya Dituntut Kembalikan Tendien Wenda ke Jabatan Definitif

Wakil bupati kabupaten Jayawijaya, Marthin Yogobi kepada suarapapua.com, Rabu (5/7/2023) mengatakan, pada prinsipnya pemerintah daerah [kabupaten Jayawijaya] siap menyambut beliau [Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius You] datang ke Dekenat Pegunungan Tengah.

“Makanya kita pemerintah daerah sudah mendukung kegiatan-kegiatan panitia yang akan dilaksanakan tanggal 6 dan 7 Juli 2023,” kata Yogobi.

“Sekarang itu [seluruh umat Katolik di Dekenat Pegunungan Tengah] lagi persiapan semua di lokasi kegiatan. Jadi, pada prinsipnya, kami pemerintah kabupaten Jayawijaya siap untuk menyambut beliau [Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius You] datang ke Wamena Dekenat Pegunungan Tengah,” katanya.

Menurutnya, Pemkab hanya memfasilitasi dalam penjemputan Uskup dari bandara hingga tempat kegiatan.

Baca Juga:  Raih Gelar Doktor, Begini Pesan Aloysius Giyai Demi Pelayanan Kesehatan di Papua

“Kalau acara khusus dengan pemerintah daerah tidak ada. Untuk tanggal 7 Juli, semuanya di Wesaput. Pemerintah juga diundang, sehingga kami akan hadir di sana,” ucapnya. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hari Konsumen Nasional 2024, Pertamina PNR Papua Maluku Tebar Promo Istimewa...

0
“Kami coba terus untuk mengedukasi masyarakat, termasuk para konsumen setia SPBU agar mengenal Pertamina, salah satunya dengan menggunakan aplikasi MyPertamina sebagai alat pembayaran non tunai dalam setiap transaksi BBM,” jelas Edi Mangun.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.