Tanah PapuaLa PagoPj Bupati Lanny Jaya Dituntut Kembalikan Tendien Wenda ke Jabatan Definitif

Pj Bupati Lanny Jaya Dituntut Kembalikan Tendien Wenda ke Jabatan Definitif

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Mendatangi kediaman pribadi penjabat bupati Lanny Jaya di Sinakma, Wamena, kabupaten Jayawijaya, provinsi Papua Pegunungan, Selasa (9/4/2024), pihak keluarga Tendien Wenda menuntut segera aktifkan kembali jabatan definitif kepala Dinas Sosial kabupaten Lanny Jaya.

Ondius Kogoya menyatakan, secara aturan Tendien Wenda sejak diangkat sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekda kabupaten Lanny Jaya, harusnya diaktifkan kembali ke jabatan definitif kepala Dinas Sosial kabupaten Lanny Jaya.

Herannya, kata Ondius, hal tersebut tidak terjadi, justru sebaliknya diganti oleh pejabat lain.

“Saat ini kami keluarga besar datang menuntut kepada pejabat bupati Lanny Jaya, bapak Petrus Wakerkwa, SE, M.Si untuk segera kembalikan jabatan definitif kepada bapak Tendien Wenda, S.Th, S.Ip, M.Si sebagai kepala Dinas Sosial. Tidak ada dasar hukum jabatannya digantikan oleh orang lain,” ujar Kogoya.

Baca Juga:  Kasus Laka Belum Ditangani, Jalan Trans Wamena-Tiom Kembali Dipalang

Pihaknya memberikan waktu selama sepekan untuk menanggapi tuntutan tersebut.

“Tuntutan ini kami tunggu dalam mingggu ini. Kalau sampai tidak ada jawaban, berarti kami siap palang jalan trans Wamena-Lanny Jaya sampai nanti ada jawaban baru dibuka,” tegasnya.

Penegasan sama dikemukakan Pendius Wenda.

Pendius bahkan mempersoalkan kewenangan seorang penjabat bupati yang dianggap telah melanggar ketentuan perundang-undangan.

“Seorang penjabat bupati tidak berhak mengganti kepala dinas. Sudah ada surat teguran dari Mendagri pada tanggal 22 Mei 2024 tentang larangan kepala daerah melakukan mutasi jabatan ASN,” ujarnya.

Baca Juga:  Bappilu Partai Demokrat Provinsi PP Resmi Gelar Pleno Penutupan Pendaftaran Cagub dan Cabup

Dalam surat nomor 100.2.1.3/1575/SJ, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan aturan terbaru untuk dipedomani para kepala daerah bahwa tidak bisa lagi seenaknya melakukan mutasi ASN di daerahnya. Apalagi menjelang Pilkada tahun 2024, dilarang “bongkar pasang” jabatan.

Keluarga Tendien Wenda menyampaikan aspirasi dari halaman kediaman pribadi penjabat bupati Lanny Jaya di Sinakma, Wamena, kabupaten Jayawijaya, provinsi Papua Pegunungan, Selasa (9/4/2024). (Liwan Wenda – Suara Papua)

Pendius menyarankan Befa Yigibalom sebagai senior dan tokoh politik orang Lanny mesti memberikan pemahaman kepada penjabat bupati Lanny Jaya saat ini agar patuhi aturan untuk kembalikan jabatan kepala Dinas Sosial kepada Tendien Wenda.

“Jabatan kepala Dinas Sosial ini dilantik oleh seorang bupati definitif sebelum beliau mengakhiri masa jabatannya.”

Baca Juga:  Wapres RI dan Enam Pj Gubernur Tanah Papua Dikabarkan Hadiri Hut PI Lembah Balim

Selain itu, saudara Gurius Tabuni yang dipercayakan sebagai pejabat pengganti diminta dikembalikan ke jabatan semula yakni sekretaris Dinas Sosial kabupaten Lanny Jaya.

“Tolong kabulkan tuntutan kami ini. Harus segera dijawab. Kami tunggu. Kalau tidak, kami ambil tindakan tegas, mulai pemalangan dan lain-lain,” tegas Pendius.

Pihaknya juga bahkan ancam dengan sejumlah tindakan tegas menjurus kriminal yang berpotensi mengganggu jalannya Pilkada 2024 di kabupaten Lanny Jaya.

Meski Ondius dan Pendius sepakat, kamtimas di kabupaten Lanny Jaya harus dijaga bersama menuju Pilkada 2024 agar pesta demokrasi terselenggara dengan lancar dalam kondisi aman dan damai. Dengan catatan, tuntutannya segera dikabulkan. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Tak Terlibat Kasus Kekerasan, Peni Petrus Pekei Harus Dibebaskan

0
“Tuduhan kepada saudara Peni Pekei melakukan perampasan senjata api milik Nikolas Worabay di kampung Wotai, distrik Yatamo itu tidak benar. Karena pada saat itu juga pistol tersebut langsung dikembalikan kepada Polda Papua melalui Polres Paniai. Jadi, sekarang polisi cari masalah apa lagi?,” ujarnya mempertanyakan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.