adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Festival Seni dan Budaya Melanesia (MACFEST) ke-7 Tahun 2023 telah dibuka pada hari ini, Rabu 19 Juli 2023 di Port Villa dengan upacara resmi. Bendera Bintang Kejora (BK) mendominasi acara pembukaan festival itu.

Pembukaan itu diawali dengan parade dari setiap kontingen yang datang, mulai dari Vanuatu sebagai tuan rumah, PNG, Solomon Islands, Fiji, Kaledonia Baru, West Papua, termasuk sejumlah delegasi dari Pasifik lainnya.

Baca Juga:  Waspada Bahaya Malware dan Virus pada HP Android: Bisa Kuras Rekening Bank!

Pada malam hari, acara pembukaan dimeriahkan dengan penampilan artis-artis Melanesia.

Festival seni dan budaya Melanesia sendiri akan berlangsung dari tanggal 19 – 31 Juli 2023. Pada tanggal 30 Juli 2023 akan dirayakan hari kemerdekaan negara Vanuatu.

Festival Seni dan Budaya Melanesia telah berlangsung sejak tahun 1998, dan tahun 2023 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-7 kalinya.

ads
Baca Juga:  Waspada Bahaya Malware dan Virus pada HP Android: Bisa Kuras Rekening Bank!

Festival tersebut diselenggarakan oleh pemerintah Vanuatu, bekerja sama dengan Sekretariat Melanesian Spearhead Group (MSG).

Festival ini bertujuan untuk mempromosikan kerja sama dan pemahaman regional dengan menyatukan orang-orang dari seluruh negara anggota Melanesian Spearhead Group serta negara dan wilayah sekutu.

Festival ini akan menampilkan berbagai pertunjukan budaya, termasuk musik, tarian, dongeng, dan teater, serta pameran seni, penjual kerajinan tangan, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan seni dan budaya Melanesia.

Baca Juga:  Waspada Bahaya Malware dan Virus pada HP Android: Bisa Kuras Rekening Bank!

Penyelenggara mengharapkan ribuan peserta dari seluruh wilayah dan seluruh dunia, termasuk praktisi budaya, cendekiawan, seniman, dan anggota masyarakat yang tertarik dengan seni dan budaya Melanesia.

Berikut foto-foto perayaan pembukaan festival tersebut;

Artikel sebelumnyaIni Empat Pernyataan Sikap Suku Moi Tolak Kehadiran PT Hutan Hijau Papua Barat
Artikel berikutnyaKeluarga Korban Penembakan Desak Copot Kapolres Dogiyai