Para Pemimpin MSG Didesak Tetapkan ULMWP Anggota Penuh di MSG

0
1340

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Rakyat West Papua menyampaikan harapan kepada para pemimpin Melanesian Spearhead Group (MSG) untuk mengesahkan United Liberation for West Papua (ULMWP) dalam keanggotaan penuh di MSG.

Harapan rakyat Papua tersebut ditegaskan Komite Aksi ULMWP saat jumpa pers di Wamena, Jumat (21/7/2023) usai aksi mendukung ULMWP menjadi anggota penuh MSG. Aksi itu sendiri dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan mobilisasi melalui diskusi tentang pentingnya status keanggotaan penuh ULMWP di MSG.

“Rakyat West Papua minta dan sangat berharap kepada para pimpinan MSG untuk tetapkan ULMWP sebagai anggota penuh MSG melalui KTT-MSG tahun 2023. Rakyat West Papua adalah ras Melanesia. Semua persoalan kami tidak bisa diwakili oleh kolonial Indonesia. Itu sebabnya para pemimpin MSG harus masukan aplikasi ULMWP ke dalam keanggotaan penuh MSG,” ujar Rony Wanimbo, wakil ketua Komite Aksi ULMWP wilayah Laapago.

Baca Juga:  Semua Pihak di Intan Jaya Sepakat Tolak Eksploitasi Blok Wabu dan Hentikan Pembangunan Patung Yesus

Dalam aksi dukungan yang diadakan di kantor pusat ULMWP Dalam Negeri, kata Rony, dengan harapan agar KTT-MSG yang akan digelar Agustus 2023 menerima ULMWP sebagai anggota penuh di MSG.

“Perjuangan rakyat West Papua untuk menjadi anggota penuh di MSG adalah perjuangan politik ULMWP yang sudah ditetapkan dalam KTT pertama ULMWP pada tahun 2017 di Vanuatu,” jelasnya .

ads

Rony menyatakan, perjuangan untuk menentukan nasib sendiri akan terus dilakukan di dalam dan luar negeri bahkan di dalam negeri sesuai road map ULMWP.

Baca Juga:  261 Link Lao-Lao Papua yang Dibagi di Facebook Telah Dihapus, Ada Apa?

Sebelumnya, ULMWP telah diterima sebagai observer atau pengamat di MSG pada tahun 2015 dan tahun 2019 aplikasi ULMWP telah diajukan ke sekretariat MSG yang akan diproses lebih lanjut.

“Pengakuan negara-negara Melanesia sangat penting, karena secara politik dan hukum perjuangan bangsa Papua melalui ULMWP, diakui oleh negara-negara sub regional di kawasan Pasifik akan sangat membantu membuka pintu lainnya untuk membawa persoalan Papua ke tingkatan berikut hingga di PBB agar mendapatkan resolusi hak penentuan nasib sendiri, seperti perjuangan FLNKS,” ujar Wanimbo.

Baca Juga:  Cegah Krisis SDM Papua, Kuayo: Selamatkan Anak Dari Pengaruh Negatif!

Diberitakan suarapapua.com sebelumnya, rakyat Papua di seluruh wilayah adat telah menggelar aksi mendukung agenda keanggotaan penuh ULMWP di MSG.

Aksi dukungan dilakukan secara serentak di seluruh Tanah Papua, Rabu (19/7/2023).

Untuk wilayah Laapago, ribuan massa memadati kota Wamena dengan mengenakan berbagai busana tradisional dan menghiasi tubuh mereka dengan corak bendera Bintang Kejora. Dibawa pula lima buah bendera anggota tetap MSG yang bahkan dikibarkan. Antara lain bendera negara Fiji, Solomon Islands, Vanuatu, PNG, dan Kanaky (FLNKS).

Aksi dukungan sama digelar di kota Jayapura, kabupaten Jayapura, Kepulauan Yapen, Sorong, Manokwari, Kaimana, Mimika, Merauke, dan kabupaten lainnya. []

Artikel sebelumnyaPemkab Yahukimo akan Transfer Dana Studi ke Rekening Mahasiswa
Artikel berikutnyaCartenz Malibela: Segera Cabut Izin PT HHPB!