Didimus Yahuli, bupati Yahukimo, didampingi kepala dinas Pendidikan serta ketua KPMY belum lama ini di kediaman bupati Yahukimo. (Ist)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Yanis Soll, ketua Komunitas Pelajar dan Mahasiswa Yahukimo (KPMY) di kota studi Jayapura, provinsi Papua, mengatakan, pemerintah kabupaten (Pemkab) Yahukimo, provinsi Papua Pegunungan, akan segera transfer dana bantuan studi melalui rekening mahasiswa-mahasiswi dan pelajar.

“Pengurus KPMY sudah ke Dekai, ibu kota kabupaten Yahukimo, ketemu dengan bapak bupati dan kepala dinas Pendidikan. Kami mendapat jawaban bahwa dalam waktu dekat bantuan studi akan segera disalurikan,” jelasnya kepada suarapapua.com d Jayapura, Sabtu (22/7/2023).

Baca Juga:  Pleno Kabupaten Yahukimo Dibatalkan KPU Provinsi Karena Masih Bermasalah

Kata Yanis, sebelumnya Pemkab Yahukimo melalui dinas Pendidikan menginformasikan agar mendata mahasiswa Yahukimo di 23 kota studi, salah satunya kota Jayapura. Hasil pendataannya telah diserahkan.

“Kami sudah mendata dari bulan April, setelah semua rampung, sudah kirim data base mahasiswa dari bulan April juga. Menurut pemda, rencana mau transfer bantuan studi pada bulan Mei 2023, tetapi karena satu dan lain hal, baru bisa direalisasikan bulan ini.”

“Tanggal 18 Juli 2023, saya sudah sampaikan keluhan atau aspirasi mahasiswa Yahukimo keada pemerintah daerah. Tugas saya sudah berusaha hingga sampaikan ke bapak bupati dan kepala dinas, selanjutnya kita tunggu sesuai arahan,” kata Yanis.

ads
Baca Juga:  Raih Gelar Doktor, Begini Pesan Aloysius Giyai Demi Pelayanan Kesehatan di Papua

Sesuai penjelasan saat pertemuan, bantuan tersebut akan direalisasikan dalam beberapa waktu ini. Tidak melalui pengurus atau siapapun, dana diproses langsung ke rekening masing-masing mahasiswa Yahukimo.

“Jadi, saya berharap, bantuan bisa direalisasikan secepatnnya agar membantu mahasiswa dan semua bisa tenang. Bapak bupati sudah respons untuk realisasikan bantuan itu dalam waktu dekat,” tutur Yanis Soll.

Baca Juga:  Pj Bupati Lanny Jaya Dituntut Kembalikan Tendien Wenda ke Jabatan Definitif

Ia menambahkan, mulai Senin (24/7/2023) sudah harus ditransfer agar tunggakan SPP di kampus segera diselesaikan.

Sementara, bupati Yahukimo Didimus Yahuli menurut ketua KPMY, bantuan studi akan dikirim melalui rekening masing-masing peserta sesuai data yang telah diserahkan pengurus organisasi mahasiswa.

“Bupati sampaikan, yang tidak punya rekening tidak ada uang. Jadi, yang akan mendapatkan adalah mahasiswa yang sudah kumpul rekening kepada pengurus ikatan masing-masing distrik,” katanya. []

Artikel sebelumnyaKolonisasi Indonesia Papua Barat Vs Kolonisasi Prancis Kaledonia Baru
Artikel berikutnyaPara Pemimpin MSG Didesak Tetapkan ULMWP Anggota Penuh di MSG