Tanah PapuaAnim HaPesawat Batik Air Layani Merauke Setelah “Hilang” Tiga Tahun

Pesawat Batik Air Layani Merauke Setelah “Hilang” Tiga Tahun

MERAUKE, SUARAPAPUA.com — Terjawab sudah kerinduan segera ada tambahan maskapai penerbangan yang melayani Merauke, provinsi Papua Selatan. Ini setelah Senin (2/10/2023) kemarin, resmi didarati pesawat Batik Air.

Pesawat Batik Air jenis Air Bus A320 mendarat dengan mulus di bandar udara Mopah, Merauke.

Selain sejumlah penumpang dari Makassar, Sulawesi Selatan, dalam landing perdana ikut terbang Sekda provinsi Papua Selatan.

Pemerintah provinsi Papua Selatan melalui Agustinus Joko Guritno, asisten 1 Setda, menyambut gembira kedatangan pesawat Batik Air menandai dimulainya kembali pelayanan ke dan dari Merauke setelah terhenti tahun 2020 lantaran pandemi Covid-19.

“Dengan kembali bertambahnya perusahaan penerbangan ini jelas akan ada banyak pilihan jika orang dari sini mau bepergian ke luar,” kata Guritno.

Baca Juga:  Hilangnya Keadilan di PTTUN, Suku Awyu Kasasi ke MA

Nelson Sasarari, kepala dinas Perhubungan Papua Selatan, menyebut ini salah satu langkah maju untuk kepentingan publik.

Menurutnya, hal itu bisa terlaksana karena adanya hasil kolaborasi pihaknya bersama pemerintah kabupaten Merauke.

“Berusaha agar bisa memudahkan masyarakat, itu tugas pemerintah. Semoga masyarakat tidak susah dalam menggunakan jasa transportasi udara,” harap Sasarari.

Beroperasinya Batik Air diyakini akan menambah kompetitif harga tiket diantara maskapai lainnya. Di lain sisi, kata Nelson, tentu juga akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelayanan transportasi udara.

Baca Juga:  Hilangnya Keadilan di PTTUN, Suku Awyu Kasasi ke MA

Di kesempatan sama, H. Riduwan, wakil bupati Merauke, berharap, pihak Batik Air tetap konsisten dalam melayani penerbangan dari dan ke Merauke.

Wabup juga menghendaki dengan bertambahnya pesawat Batik Air, harga tiket stabil dan mampu dijangkau masyarakat.

“Kami berharap, armada lain juga bisa masuk. Rasanya sangat sedih kalau harga tiket mahal. Saya pernah dari Jakarta Merauke tiketnya sampai 28 juta lebih. Itu tidak masuk akal,” kata Riduwan.

Penyambutan kedatangan pesawat Batik Air turut disaksikan sejumlah pejabat daerah.

Pilot, co pilot dan perwakilan pramugari dikalungkan bunga sebagai tanda penyambutan secara resmi di bandara Mopah, Merauke.

Baca Juga:  Hilangnya Keadilan di PTTUN, Suku Awyu Kasasi ke MA

Dari landing perdana, 110 penumpang berangkat bersama Batik Air menuju Makassar.

Setelah ini pesawat Batik Air akan melayani penerbangan selama empat kali seminggu dari dan ke bandara Mopah. Dengan rute penerbangan Merauke-Makassar-Jakarta, dan sebaliknya. Jadwal penerbangannya Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu.

Sebelumnya, bupati Romanus Mbaraka mengungkapkan rencana pengaktifan kembali pelayanan pesawat Batik Air yang sedianya Desember 2023, namun akhirnya dimajukan awal Oktober ini.

Kata Romanus, hal itu mengingat arus orang dan barang dari dan ke Merauke cukup meningkat. Karenanya, butuh tambahan maskapai penerbangan, selain beberapa yang sudah dan sedang layani hingga sekarang. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo dan PGGJ Diminta Perhatikan Keamanan Warga Sipil

0
"Sampai saat ini belum ada ketegasan terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di sana. Tidak ada ketegasan dari pemerintah daerah Yahukimo. Kami minta untuk segera tangani.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.