ULMWP Sambut Baik Pelaksanaan KTT PIF 2023 di Cook Islands

0
813
Hon. Manase Tabuni, Presiden Eksekutif ULMWP. (Supplied for SP)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Hon. Manase Tabuni, Presiden Eksekutif United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) menyambut baik momen pelaksanaan pertemuan pemimpin negara-negara Pasifik yang tergabung dalam Forum Kepulauan Pasifik pada pertemuan PIF ke-52 tahun 2023 yang dilaksanakan di Rarotonga, Negara Kepulauan Cook. Pertemuan itu berlangsung dari tanggal 6 – 10 November 2023.

“Kami sebagai Presiden Eksekutif ULMWP menyambut baik momen di mana negara-negara Pasifik akan berkumpul dalam KTT Pacific Islands Forum (PIF) di Cook Islands dalam waktu satu dua hari ke depan ini,” ujar Manase Tabuni dalam pernyataannya yang diterima suarapapua.com pada, Senin (6/11/2023).

Baca Juga:  Pengurus Baru LMA Malamoi Diminta Merangkul Semua Pihak

“Kami bangsa rakyat Papua berdoa dan terus mendukung apapun yang menjadi tuntutan kami yang sudah di endorse dan diadopsi dalam KTT PIF tahun 2019 di Tuvalu – tentang hak penentuan nasib sendiri bangsa Papua dan juga mendesak komisi tinggi Dewan HAM PBB untuk mengunjungi wilayah Papua,” ucap Tabuni.

“Kami mengharapkan kepada pemerintah negara-negara Pasifik untuk tetap konsisten melihat situasi kami di tanah air Papua Barat. Menerima aspirasi kami dan tetap konsisten mendorong perjuangan bangsa Papua menentukan nasib sendiri.”

Baca Juga:  Aparat Datangi Lokasi Tempat Kegiatan Doa Bersama Pengukuhan Struktur ULMWP di Expo Waena

Pertemuan PIF 2023
Pertemuan PIF tahun 2023 berlangsung sejak 6 November 2023 dan akan berakhir pada 10 November 2023 dengan tema “Suara Kami, Pilihan Kami, Cara kami Pasifik; Promosikan, Mitra, Sejahtera di Rarotonga, Negara Kepulauan Cook.

ads

Banyak para pemimpin negara Pasifik yang menghadiri pertemuan tersebut, termasuk pimpinan mitra negara, organisasi maupun lembaga-lembaga.

Para pemimpin Pasifik termasuk perwakilan Kepulauan Solomon, Menteri Luar Negeri Jeremiah Manele, telah tiba untuk Pertemuan Pemimpin Forum Kepulauan Pasifik atau PIF ke-52 di Rarotonga, Kepulauan Cook.

Baca Juga:  Dewan Adat dan Intelektual Moi Mendukung Kepemimpinan Silas Ongge Kalami

Sementara pemimpin Melanesia banyak yang absen dalam pertemuan kali ini, di mana PM Vanuatu, PM Papua Nugini, dan PM Kepulauan Solomon. Mereka tidak menghadiri pertemuan tersebut karena sibuk dalam pergelaran menjelang Pacific Games 2023.

Sementara yang menghadiri adalah PM Fiji, presiden Kaledonia Baru dan Menlu Solomon Islands

Isu-isu utama yang masuk dalam agenda PIF tahun 2023 adalah perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, konservasi laut, dan ketahanan ekonomi.

Artikel sebelumnyaMewujudkan Impian Ayah, Dua Putra Black Brothers Teken Kerjasama Pembangunan
Artikel berikutnyaULMWP Desak Pemimpin Pasifik Peringatkan Indonesia Soal Papua