MRP Siap Dorong Kamar Adat Pengusaha Papua

0
1474

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Ketua I Majelis Rakyat Papua (MRP), Jimmy Mabel mengatakan, lembaganya siap mendukung dan mendorong Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP). 

Hal tersebut disampaikan Jimmy Mabel ketua I MRP, setelah menutup kegiatan Konferpusus yang diselenggarakan pada 12 – 14 November lalu di Jayapura.

“Jadi pembukaan kegiatan ini dilakukan pemerintah Provinsi hari Senin di Hotel Grand Abe, sekarang kami dari MRP yang tutup,” kata Jimmy.

Kata dia, MRP sebagai lembaga kultural orang Papua, mempunyai tiga tugas pokok dan fungsi. Sehingga aspirasi rakyat Papua yang disampaikan melalui konferensi akan terus didorong kepada Pemerintah.

Baca Juga:  Seruan dan Himbauan ULMWP, Markus Haluk: Tidak Benar!

“Kami punya kewajiban untuk bicara soal pemberdayaan afirmasi dan mempersiapkan orang Papua menjadi tuan di atas negerinya sendiri. Tiga tugas ini jelas. Kami sudah terima aspirasi dan akan terus mendorong,” kata Mabel.

ads

Ketua I MRP menambahkan, MRP akan mendukung setiap usaha dan upaya yang dilakukan KAPP. Kata Mabel, Tuhan pasti membuka jalan dalam penyampaian dan meneruskan aspirasi KAPP dalam pembahasan di komisi Internal MRP, bahkan sampai ke Pemerintah Provinsi dan Pusat.

Baca Juga:  Dua Anak Diterjang Peluru, Satu Tewas, Satu Kritis Dalam Konflik di Intan Jaya

“Setelah pembahasan kami di Komisi, kami akan bahas lagi diskusi segitiga. Antara DPRP dan Gubernur. Lalu akan didorong ke pemerintah Pusat. Selama Otsus masih ada dan ada aturan yang mendukung kami akan terus berupaya melakukan. Agar anak anak asli Papua mendapatkan proyek dari APBD dan APBN pusat,” katanya.

Sementara itu Musa Haluk ketua KAPP mengatakan, hasil hasil pembahasan dalam kegiatan Konferpusus istimewa ke I sudah diserahkan kepada MRP.

Baca Juga:  ULMWP Desak Dewan HAM PBB Membentuk Tim Investigasi HAM Ke Tanah Papua

“Bersyukur di hari resmi semua hasil sudah kasih, dan diterima langsung oleh bapak ketua dua. Harapan kami lembaga MRP dan Pemerintah bisa mendorong aspirasi itu. Kami juga menyampaikan terima kasih untuk MRP yang sudah memfasilitasi KAPP,” kata Haluk.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaLEMASA Timika Minta Pemerintah Hargai Pemilik Areal Freeport
Artikel berikutnyaBekali 32 Maba Tiom Lanny Jaya Siap Kuliah