Jokowi Targetkan Jalan Trans Papua Selesai 2019

0
2807

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Target pengerjaan seluruh jalan trans Papua dapat terselesaikan pada tahun 2019.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo bersama rombongan, Rabu (10/5/2017) ketika mengunjungi pembangunan jalan trans Papua yang menghubungkan Wamena-Mumugu sepanjang 284 kilometer.

“Pembangunannya sudah selesai tiga ribu delapan ratus yang sudah dibuka, kita harapkan terbuka total 2019. Artinya sudah bisa dilewati, tapi mungkin juga belum aspal,” kata Jokowi saat diwawancarai wartawan di Habema.

Baca Juga:  Beberapa Tuntutan TPNPB OPM Kodap VIII Intan Jaya

Kata Jokowi, pembangunan jalan trans Papua ini dikerjakan awal oleh TNI, dan kemudian setelah itu kementerian PU masuk untuk aspal, sehingga ia mengakui bersama Panglima TNI melihat kesulitannya seperti apa.

“Saya kira kalau duet seperti ini dilakukan terus, akan mempercepat karena kalau kita lihat medan seperti ini kita di ketinggian tiga ribu dua ratusan itu sangat tinggi, sangat sulit sekali, sehingga yang bisa masuk awal-awal TNI, lalu Kementerian PU menyusul,” tambahnya.

ads
Baca Juga:  LME Digugat Ke Pengadilan Tinggi Inggris Karena Memperdagangkan 'Logam Kotor' Dari Grasberg

Presiden mengaku sulitnya membangun jalan di Papua karena medan yang diawali TNI dan diikuti kontraktor yang sangat sulit. Apalagi kata dia, sulitnya membawa aspal ke daerah ini, termasuk alat berat.

Jokowi juga menyampaikan mengenai pembangunan jalan trans Papua dari Wamena ke Agats yang dibangun 35 jembatan, tetapi baru sekitar 15 jembatan telah dibangun. Ia mengakui pekerjaan ini sangat besar, sehingga perlu kerja gotong royong untuk selesaikan sesuai target pemerintah.

Baca Juga:  Tory Kalami: Ekonomi Masyarakat Harus Ditingkatkan

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

 

Artikel sebelumnyaWalikota Jayapura Terpilih Diminta Kawal dan Sukseskan Musda KNPI Kota Jayapura
Artikel berikutnyaIMASEPA Jabar Minta Gubernur Papua Barat Prioritaskan Pembangunan Pendidikan