Arsip22.070 Orang Sudah Merekam E-KTP di Distrik Heram

22.070 Orang Sudah Merekam E-KTP di Distrik Heram

Rabu 2013-03-27 10:21:15

PAPUAN, Jayapura— Target Distrik Heram, Kabupaten Jayapura, Papua, untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau E-KTP secara keseluruhan adalah 25.157 orang, hingga saat ini telah mencapai 22.070 orang, dan diperlukan sekitar 3000 orang lagi untuk mencapai kuota yang ditentukan.

Hal ini disampaikan kepala Distrik Heram,  H. Jaya Kusuma, ketika ditemui wartawan suarapapua.com, di ruang kerjanya, Selasa (27/3/2013) siang tadi.

Menurut Kusuma, perekaman 3000 E-KTP akan dilakukan dengan cara mobile di tingkat kampung, kelurahan maupun di tingkat RT/RW dengan menurunkan alat yang diperlukan, dan akan bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

 

"Karena karena saya lihat animo masyarakat untuk datang ke kantor distrik sangat minim, makanya kami pakai cara tersebut," ujarnya kepada wartawan.

Ia menjelaskan, animo masyarakat menurun karena sebagian masyarakat masih memegang KTP Nasional yang masih berlaku hingga tahun 2014 mendatang.

"Jika nanti ditemukan warga yang belum melakukan perekaman E-KTP, maka dia akan rugi sendiri karena pada tahun 2014 nanti dalam hal mengurusi urusan-urusan pemerintah harus menggunakan E-KTP dan itu berlaku untuk umum tanpa memandang bulu,” katanya.

Lanjut dia, selain itu juga pada tahun 2014 nanti akan diadakan pemilihan legislative dan pemilihan presiden Indonesia, pada saat pemilihan ini E-KTP ini akan dijadikan dasar dan ditetapkan sebagai kartu pemilih, dan bagi yang tak punya E-KTP maka orang tersebut tidak akan menjadi anggota pemilih untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan legislative maupun presiden.

"Sampai dengan hari ini dari percetakan yang sudah terkirim ada sekitar 21.167, jadi masih ada sekitar 900-san yang belum dikirim dan semua yang sudah di cetak dan dikirim dari pusat kesini kami sudah salurkan kepada masayrakat yang ada di wilayah distrik Heram,” jelasnya lagi.

Kusuma juga menghimbau, bagia masyarakat yang sudah pernah daftarkan diri untuk perekaman E-KTP di Distrik Heram, agar dapat segera ke kantor untuk segera mengambil, sebeb beberapa sudah jadi dan siap disebarkan kepada masyarakat.

Kusuma optimis, sisa perekaman E-KTP yang belum akan diselesaikan sesuai tenggang waktu yang dberikan Walikota Jayapura. "Saya harap partisipasi masyarakat bisa segera tuntaskan sisa yang ada," tutupnya.

ARNOLD BELAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Kutuk Tindakan Tidak Berperikemanusiaan Negara di West Papua

0
“Oleh sebab itu kami mengutuk penembakan terhadap warga sipil pada 16 Juli 2024 di Kabupaten Puncak Jaya yang diduga dilakukan oleh anggota TNI dari Satgas 753 Pos Wiringgame, Puncak Jaya, Satgas Kopassus Maleo dan Tim Satgas Elang,” tegasnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.