Nasional & DuniaKelompok Pro Kemerdekaan Basque Membubarkan Diri Setelah 40 Tahun

Kelompok Pro Kemerdekaan Basque Membubarkan Diri Setelah 40 Tahun

MADRID, SUARAPAPUA.Com – Kelompok pro-kemerdekaan Basque, Eta, secara resmi mengumumkan pembubaran diri secara penuh pada hari Rabu (02/05), setelah lebih 40 tahun melancarkan kampanye teror yang menewaskan lebih dari 800 orang.

Mereka juga meminta maaf kepada para korban dan keluarganya, dalam surat yang ditandatangani pada 16 April 2018 tetapi secara resmi diumumkan kemarin.

Dalam surat yang dimuat oleh media Spanyol, kelompok itu menginformasikan kepada lembaga-lembaga Basque dan kelompok-kelompok masyarakat sipil bahwa kelompok itu telah sampai pada akhir keberadaannya.

“Eta telah memutuskan menyatakan mengakhiri siklus sejarah dan perannya, sehingga membawanya ke akhir perjalanan,” kata surat itu, yang diperoleh oleh eldiario.es, sebagaimana diberitakan oleh The Guardian.

“Eta telah sepenuhnya membubarkan semua strukturnya dan menyatakan mengakhiri inisiatif politiknya.”

Baca Juga:  Pacific Network on Globalisation Desak Indonesia Izinkan Misi HAM PBB ke West Papua

Kelompok itu, yang meninggalkan kampanye bersenjata tujuh tahun lalu, mengatakan langkah itu adalah bagian dari proses yang dimaksudkan untuk “membawa siklus politik baru” di tanah air Basque.

“Keputusan ini mengakhiri siklus sejarah 60 tahun ETA,” tambahnya. “Tetapi itu tidak mengakhiri konflik antara Basque dan Spanyol dan Prancis. Konflik tidak dimulai dengan dan tidak akan berakhir dengan pembubarannya.”

Surat itu mengatakan Basque memiliki kesempatan baru untuk memutuskan hubungan dengan masa lalu dan membangun masa depan bersama: “Mari kita tidak mengulang kesalahan kita. Jangan biarkan masalah kita memburuk. Melakukan hal itu hanya akan menimbulkan masalah baru,” demikian pernyataan itu.

Baca Juga:  Komisi HAM PBB Minta Indonesia Izinkan Akses Kemanusiaan Kepada Pengungsi Internal di Papua

Eta akan mengadakan acara simbolik yang menandai pembubarannya di Prancis selatan pada hari Jumat.

Permintaan maaf kelompok ini bulan lalu ditolak oleh kelompok-kelompok korban, tetapi telah dipuji oleh pemerintah Spanyol sebagai bukti bahwa ETA telah takluk oleh senjata demokrasi dan kekuatan supremasi hukum.

Menteri dalam negeri Spanyol, Juan Ignacio Zoido, bereaksi terhadap surat itu dengan menjanjikan bahwa polisi akan terus memburu teroris “di mana pun mereka berada.”

Saya telah menambahkan: “Anggota Eta tidak mendapat apa-apa ketika mereka berhenti membunuh dan mereka tidak akan mendapatkan apa pun dengan membuat pernyataan tentang pembubaran.”

Eta, yang berarti “tanah air dan kemerdekaan Basque”, didirikan sebagai organisasi budaya pada tahun 1959. Tujuannya adalah pembentukan negara Basque yang merdeka di Spanyol utara dan Prancis selatan.

Baca Juga:  Berlakukan Operasi Habema, ULMWP: Militerisme di Papua Barat Bukan Solusi

Perlawanan bersenjata mereka berlangsung dalam dekade berikutnya, antara tahun 1968 dan 2010, membunuh 829 orang dalam pemboman dan penembakan, hampir setengah dari mereka adalah warga sipil.

Kelompok ini juga menargetkan pasukan keamanan negara dan pada tahun 1973 membunuh Perdana Menteri Luis Carrero Blanco dengan bom mobil besar.

Tapi Eta mengabaikan kehidupan sipil yang membuatnya semakin terpinggirkan. Pada tahun 1987, Eta menewaskan 21 orang dalam pemboman supermarket di Barcelona. Satu dekade kemudian enam juta orang turun ke jalan sebagai protes terhadap mereka atas pembunuhan Miguel Ángel Blanco, seorang politisi muda setempat.

 

Pewarta: Wim Geissler

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hari Konsumen Nasional 2024, Pertamina PNR Papua Maluku Tebar Promo Istimewa...

0
“Kami coba terus untuk mengedukasi masyarakat, termasuk para konsumen setia SPBU agar mengenal Pertamina, salah satunya dengan menggunakan aplikasi MyPertamina sebagai alat pembayaran non tunai dalam setiap transaksi BBM,” jelas Edi Mangun.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.