Pembentukan Relawan, Samuel Tabuni: Caleg Stop Money Politic

0
5870

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Samuel Tabuni, salah satu Caleg DPR RI dari Partai Nasdem mengajak kepada seluruh Caleg DPRD, DPRP dan DPR-RI agar tidak melakukan money politic atau politik uang.

Hal itu disampaikan Samuel ketika doa syukuran pembentukan dan deklarasi relawan Samuel Tabuni di Perumnas II Waena, kota Jayapura, Papua, Minggu (10/2/2019).

“Saya melawan money politic, karena dengan money politic suda banyak mengorbankan masyarakat Papua. Saya minta Calek DPRD, DPRP, DPR-RI jangan pakai uang, karena akan membuat orang Papua birpikir hanya untuk uang, maka hari ini saya membentuk relawan untuk berpolitik dengan baik,” kata Tabuni.

katanya, tugas Caleg mestinya bertugas untuk mendidik yang tidak tahu dan mendidik yang tidak bisa, bukanya melakukan hal-hal yang blunder untuk menipu rakyat. Rakyat adalah konstituen yang perlu dihargai dengan memberikan pendidikan politik yang baik demi pembangunan daerah kedepan.

“Hari ini saya lihat politik suda kacau di Papua, karena kita maunya menang terus dan banyak mengorbakan masyarakat karena tidak mau mengalah. Berpolitik itu bagaimana calon menawarkan ide dan gagasan dalam membangun, terutama di Papua, bukan money politic.

Berpolitik itu harus sering munculkan ide baru dan konsep sehingga masyarakat paham, karena perkembangan terus berubah ke arah yang lebih maju,” tukasnya.

Ia juga menyinggung soal banyaknya Caleg yang gagal meraih kursi sehingga masuk rumah sakit jiwa.

Menurutnya, Caleg yang masuk rumah sakit jiwa semata-mata hanya karena kebiasaan money politic. Menghabiskan harta banyak untuk politik, sehingga ketika tidak lolos sebagai anggota legislatif, maka yang terjadi adalah stress, ujung-ujungnya rumah sakit jiwa.

Oleh sebab itu, ia mengajak supaya setiap Caleg untuk tidak bermain politik uang, harta dan lain-lainnya – berpolitiklah yang sehat demi Papua yang maju.

Ketua Tim Relawan Samuel Tabuni, Mial Balebata Armand mengatakan pihaknya harus menciptakan politik yang cerdas dan bermartabat.

“Papua dengan SDA yang melimpa harus berdiri di kaki sendiri, bagaimana kita sosialisasikan dari gunung dan pantai supaya pak Samuel dapat suara yang baik. Kami yakin beliau akan mendapatkan kursi di DPR RI, tetapi kita usahakan agar bisa mendapatkan jabatan dalam keanggotaan,” kata Balebata.

Elianus Tabuni, Sekertaris Relawan mengatakan rakyat Papua harus sama dengan orang lain din perpolitikan nasional dengan memilih Caleg yang berwawasan global dan mampu bersaing dengan orang lain sebagai Samuel Tabuni.

Acara pembentukan relawan Samuel Tabuni itu dihadiri Pdt.Lipiyus Biniluk, Welinton Wenda dan dr.John Manangsang.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor:Elisa Sekenyap