Dinkes Maybrat Deteksi Jenis Penyakit Saat Pengobatan Massal di Mare Selatan

0
2237

KUMURKEK, SUARAPAPUA.com Kunjungan kerja dari Dinas Kesehatan kabupaten Maybrat bersama tim mobile clinic di kampung Sire dan Fase, distrik Mare Selatan, Jumat (21/6/2019), selain pengobatan massal, juga dilakukan pendataan jenis penyakit untuk ditindaklanjuti.

Nelce Kambuaya, kepala dinas kesehatan kabupaten Maybrat, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan memastikan secara langsung jenis penyakit yang dialami masyarakat di setiap kampung.

“Penyakitnya pasti berbeda, sehingga dengan adanya pengobatan ini, kami bisa mendeteksi apa saja jenis penyakit dan hasilnya nanti dilaporkan pada rapat kerja tingkat dinas,” kata Nelce.

Menurutnya, pengobatan yang dilakukan tim medis antara lain pemeriksaan ibu hamil, bayi, balita dan orang dewasa. Juga pemberian Vitamin A kepada bayi dan ibu menyusui, serta pemeriksaan pasien umum dan pemberian imunisasi bagi bayi, balita dan ibu hamil.

“Selain itu, pemeriksaan sanitasi lingkungan seperti pemeriksaan terhadap air bersih, penyakit khusus yang diderita masyarakat, kasus polio, kasus vilariasis (kaki gajah),” jelasnya.

Nelce menambahkan, program ini bagian dari tugas pokok dan rutin dari tim dinas kesehatan di tingkat kabupaten Maybrat bersama kepala puskesmas, pustu dan petugas medis.

“Di sini petugas yang melayani pengobatan massal sebanyak tiga orang dokter umum, dua orang kepala bidang dan petugas kesehatan lainnya.”

Ia akui kendala selama ini, petugas kesehatan dalam melayani masyarakat di wilayah Mare terhambat karena jalan rusak berat. “Kondisi jalannya rusak parah, sedangkan dari satu kampung ke kampung lain jaraknya sangat berjauhan,” kata Nelce.

Usai pengobatan massal, masyarakat kampung Sire dan Fase menyampaikan terima kasih kepada tim atas pelayanannya. Mereka juga berharap, hal sama dilakukan lagi di waktu mendatang.

Pewarta: Engel Semunya
Editor: Markus You