KAPP Yahukimo Akan Gelar Konferensi Pertama

0
5467

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Konferensi ke I (satu) Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Kabupaten Yahukimo akan dilaksanakan pada Rabu dan Kamis (3-4/7/2019) di Dekai, Yahukimo.

“Kita punya persiapan sudah fix 95%, tinggal menunggu hari pelaksanaannya saja. Tujuan konferensi ini sendiri untuk membahas hak-hak orang asli Papua dalam bidang ekonomi yang nantinya bisa bersaing,” kata Lukius Malyo, wakil ketua panitia konferensi KAPP di hotel Yahukimo I Dekai yang adalah sekretariat sementara KAPP Yahukimo, Senin (1/7/2019).

Baca Juga:  KKB Minta Komisi Tinggi HAM Investigasi Kasus Penyiksaan OAP

Dalam konferensi ini katanya, panitia akan mengundang perwakilan dari suku Hubula, Yali, Kimyal, Ngali, Meck, Una Ukam dan Momuna di Yahukimo yang berjumlah sebanyak 15 orang.

“Setelah kesiapan kami  oke,  panitia telah pastikan peserta yang akan ikut dalam konferensi ini, sehingga saya sebagai wakil ketua panitia sudah instruksikan kepada setiap seksi untuk jalankan tugasnya dan membawa laporan,” ujarnya.

Selain perwakilan setiap suku di Yahukimo, pihaknya juga mengundang tamu dari kementerian pusat, pengurus KAPP Provinsi dan Dewan Adat Papua. Selain itu, direncanakan akan dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Papua.

ads
Baca Juga:  Akomodir Aspirasi OAP Melalui John NR Gobai, Jokowi Revisi PP 96/2021
Panitia konferensi ketika berdiskusi di depan hotel Yahukimo I Dekai. (Ardi Bayage – SP)

“Semua persiapan sesuai laporan yang saya terima sudah aman, mulai dari penginapan, kendaraan, gedung pertemuan, konsumsi dan termasuk tata cara penjemputan. Yang belum  hanya perlengkapan teknis yang akan disiapkan dalam waktu dekat ini,” katanya.

Panus Silak, sekertaris panitia Konferensi mengakui bahwa mandat yang diberikan pengurus KAPP Yahukimo sangat singkat, namun semua persiapan sudah disiapkan sedemikian rupa.

Baca Juga:  Sikap Mahasiswa Papua Terhadap Kasus Penyiksaan dan Berbagai Kasus Kekerasaan Aparat Keamanan

“Atas kepercayaan itu kita sudah kerja maksimal dan akhirnya sekarang tinggal melaksanakan kegiatannya,” kata Panus.

Terpisa, Nikolaus Silak, ketua KAPP Yahukimo memastikan bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur Papua akan menghadiri konferensi tersebut.

“Maka dengan konferensi pertama ini saya harap bisa menjadi tuan rumah yang baik dan dengan konferensi ini bisa menjadi tuan di atas tanah sendiri,” tukasnya melalui telepon seluler kepada suarapapua.com.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaWarga Kota Dekai Yahukimo Keluhkan Jalan Rusak
Artikel berikutnyaDukungan Untuk West Papua Selalu Penting Bagi Vanuatu