Masyarakat Kamoro Jual Ikan dengan Harga Murah di Poumako

0
1738

TIMIKA, SUARAPAPUA.com— Masyarakat Kamoro yang tinggal di sekitar pelabuhan Poumako, Timika menjual ikan dengan harga murah. Berbeda dengan harga ikan di pasar Kota Timika. 

John Saba, salah satu pengunjung ke pelabuhan tersebut kepada suarapapua.com mengaku ia membeli ikan dengan harga murah di Poumako sama masyarakat.

“Di pasar yang ada di pelabuhan Poumako ini ikannya dijual murah. Mayoritas masyarakat Kamoro yang jual,” jelasnya  pada Kamis (16/1/2020).

Ia menjelaskan, pasar yang ada di dekat pelabuhan besar ini dijual mura. John mengaku kaget.

Baca Juga:  Freeport Setor Rp3,35 Triliun Bagian Daerah atas Keuntungan Bersih 2023

“Saya keget saat saya tanya harga ikan berbeda jauh dengan di Kota,” ungkap Johon.

ads

John mengatakan, antisias masyarakat untuk jual ikan tinggi. Hal yang disayangkan, adalah pasarnya tidak layak karena tidak ada pasar yang dibangun pemerintah.

Perbedaan hargaterlihat dari harga ikan  jenis lema pertumpuk 20 ribu dibanding dengan di kota berkisar 30-40 ribu, bahkan ikan Lazi yang besar di pelabuhan itu hanya seharga 50 ribu. Sampai di ibu kota seharga 200 ribu perekor.

Baca Juga:  Soal Satu WNA di Enarotali, Begini Kata Pakum Satgas dan Kapolres Paniai

“Jarak dari rumah saya ke tempat jual ikan sekitar 36 Km. Memang jarak lumayan jauh tapi ada baiknya karena bisa beli ikan segar dengan harga yang murah. Bedah dengan di Pasar, ikan-nya sudah tidak segar tapi mahal,” jelasnya.

Sementara itu, Spencer Imaron, yang juga sering membeli ikan di pelabuhan Poumako menagtakan beberapa kali dirinya berbelanja dengan orang tuanya, tetapi harga ikan berbeda dengan penjual di Kota.

Baca Juga:  Seorang Fotografer Asal Rusia Ditangkap Apkam di Paniai

“Pasar Sentral Timika harga ikan lumayan, maka selama ini kami pergi beli di pelabuhan. Untuk dapat ikan yang segar dan murah. Maka pembeli harus pergi ke Pelabuhan. Di sana (Pelabuhan) ikan dijual di tanah dan di atas Kardus yang mereka miliki,” katanya.

Menurutnya, ikan yang dijual di Poumako segar-segar. Ia meminta agar pemeirntah Kab. Mimika membangun pasar untuk masyarakat Kamoro di Poumako.

Pewarta: CR-SP06

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaPemuda Baptis Papua akan Gelar Munas Akhir Bulan Ini
Artikel berikutnyaKota Enarotali Penuh dengan Sampah