Palapa Ring di Jayawijaya Tunggu Seting Jaringan

0
1383

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayawijaya, Isak Sawaki mengatakan penggunaan proyek palapa ring timur masih menunggu setingan jaringan yang harus dilakukan oleh teknisi proyek.

“Sekarang ini dalam posisi antri, artinya untuk setingan pemanfaatan jaringan palapa ring khusus di Jayawijaya,” kata Sawaki, Jumat (28/2/2020).

Diketahui, proyek palapa ring timur di wilayah Papua telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 Oktober 2019 lalu, dan diharapakan dapat beroperasi pada tahun 2020.

Dikatakannya, pekan lalu telah dilakukan uji coba dan pengaktifan jaringan khusus di Mulia dan Puncak Jaya. Sementara, di beberapa kabupaten pegunungan tengah dalam proses antrian, dikarenakan jaringan tersebut sekali bergerak untuk seluruh kabupaten.

Baca Juga:  Hujan di Sorong, Ruas Jalan dan Pemukiman Warga Tergenang Air

“Jadi Moratelindo yang ditunjuk Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) untuk menangani penyediaan bandwidth untuk kebutuhan tiap-tiap daerah telah dialokasikan sesuai kebutuhan dan permintaan setiap kabupaten,” katanya.

ads

Dari informasi yang diterima, kata Isak, di Jayawijaya akan dilakukan penyetingan jaringan palapa ring pada awal Maret oleh tim Moratelindo (operator yang menangani pembagian bandwidth untuk setiap daerah).

Baca Juga:  Pencaker Palang Kantor Gubernur Papua Barat Daya

“Kita di Jayawijaya tidak ada masalah, anggaran sudah disiapkan dan backbonenya sudah disiapkan oleh Bakti, hanya tunggu kapan dari Moratelindo datang untuk mulai setingan palapa ring ini,” tuturnya.

Pemda Jayawijaya telah memesan kapasitas 100 Mbps dalam proyek palapa ring. Ada kaitannya dengan penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik, terutama tentang pelaporan pemerintahan.

“Jadi Telkom sudah ambil bagiannya. Artinya berapa kapasitas jaringan yang nanti akan disediakan untuk pelayanan ke masyarakat, tinggal kapan mereka mau realisasikan itu,” ujarnya.

Baca Juga:  PT Eya Aviation Indonesia Layani Penerbangan Subsidi Wamena-Tolikara

Sebelumnya, Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengatakan, operator Telkomsel secepatnya dapat melayani masyarakat. Dirinya menyebut, jika palapa ring timur benar-benar rampung. Apabila ada provider lain yang ingin berinvestasi di Wamena, maka Pemda setempat sangat terbuka.

“Sehingga tidak tergantung dengan satu provider saja, apabila ada masalah dari Telkomsel, ada pilihan lain. Kita butuh pelayanan, siapa yang melayani baik kami akan terbuka,” pungkasnya.

Pewarta: Onoy Lokobal

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnya94 Casis Bintara Noken Polda Papua Tes Kesehatan di Jayawijaya
Artikel berikutnyaBupati Waran: CPNS yang Lolos akan Ditempatkan Jadi Aggota Pol PP