25 Anggota PPD Yalimo Ikut Bimtek

0
1175

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Sebanyak 25 orang anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah Yalimo, bertempat di salah satu hotel Wamena.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Yalimo, Yehemia Walianggen mengatakan, setelah dilantik pada 29 Februari, ke 25 anggota PPD ini wajib menjalani bimtek mulai dari tahapan hingga pada pelaksanaan pemilihan nantinya.

“Setelah bimtek ini, selanjutnya mereka akan turun ke distrik bersama Koodinator Wilayah (korwil) komisioner KPU dan staf sekretariat untuk perekrutan PPS,” jelas Yehemia Walianggen disela-sela bimtek, Kamis (5/3/2020).

Baca Juga:  Empat Jurnalis di Nabire Dihadang Hingga Dikeroyok Polisi Saat Liput Aksi Demo

Dia menjelaskan, PPD diberikan berbagai materi dari seluruh komsioner yang ada, baik soal anggaran, pembentukan sekretariat PPS, hingga pada tata aturan pelaksanaan tahapan dan pemilihan.

“Materi yang disampaikan bisa dipedomani secara baik, sehingga dapat diaplikasikan di tingkat distrik dalam pelaksanaan seluruh tahapan,” kata Walianggen.

ads

Setelah 25 anggota PPD ditetapkan pada (25/2), kata Walianggen, saat itu pula dilakukan perekrutan bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS), sehingga KPU langsung melakukan tahapan tersebut.

Baca Juga:  Komnas HAM RI Didesak Selidiki Kasus Penyiksaan Warga Sipil Papua di Puncak

“Rekrutmen PPS ini sebelumnya dilakukan oleh PPD, tetapi jadwal sekarang rekrutmen PPS dilakukan oleh KPU bersamaan juga timeline dengan pengumuman penetapan rekrutmen pasca klarifikasi terhadap 25 PPD,” tuturnya.

Sementara itu, seorang anggota PPD Abenaho, Yus Dabi mengaku siap menjalankan tugas sesuai dengan peraturan yang telah berlaku.

“Setelah menjalani tahapan tes untuk PPD, kami siap melaksanakan seluruh tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (pemilukada) yang akan dijalankan, termasuk juga rekrutmen PPS di setiap kampung,” kata Yus.

Baca Juga:  KPK Menang Kasasi MA, Bupati Mimika Divonis 2 Tahun Penjara

Pada setiap kampung akan direkrut tiga orang, di mana sekarang memasuki tahapan pengumpulan formulir dari calon PPS.

“Setelah bimtek ini, kami akan kembali ke distrik untuk lakukan tes wawancara dan tertulis bagi para calon PPS ini,” pungkasnya.

Pewarta: Onoy Lokobal
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaEligius Mahuse Terpilih Jadi Ketua Pemuda Katolik Merauke
Artikel berikutnyaRudihartono Ismail Dikukuhkan Jadi Rektor UNAIM Yapis Wamena