Elai Giban: BLT di Yahukimo untuk Masyarakat Tidak Mampu

0
1852

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Pelaksana Harian (PLH) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Yahukimo, Elai Giban mengatakan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) di Yahukimo akan diberikan kepada masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan tetap.

Hal tersebut dikatakan PLH Sekda Yahukimo saat menemui masyarakat di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Yahukimo di Dekai Rabu,(23/04/2020).

Elai mengatakan, bantuan yang di salurkan oleh Kemensos akan diberikan kepada masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan tetap. sebab menurtnya, di Yahukimo banyak terdapat masyarakat yang benar-benar tidak mempunyai penghasilan tetap. sehingga, dengan bantuan ini bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga mereka.

Baca Juga:  Mendukung Kemampuan Menulis Anggota, RPM SIMAPITOWA Gelar Workshop Jurnalistik

“Bantuan ini akan diberikan kepada masyarakat yang benar-benar tidak punya penghasilan, bukan kepada pegawai negeri,” katanya.

Elai Giban menambahkan, untuk menjaga terjadinya kecemburuan sosial,dirinya meminta kepada Kepala Distrik di 51 Distrik untuk melakukan pemerataan dalam mendata para kepala keluarga yang akan menerima bantuan langsung tunai dari kementrian sosial republik indonesia.

ads

Dia juga menegaskan bahwa para kepala distrik agar tidak menerima BLT, sebab bantuan ini dikhususkan bagi yang tidak mempunyai penghasilan.

Baca Juga:  Masyarakat Adat di Provinsi PBD Harus Disejahterakan

Dalam kesesmpatan tersebut PLH Sekda juga mengatakan, kuota BLH yang di berikan ke masing-masing Kabupaten Kota adalah langsung dari kementrian sosial. dan pemerintah daerah tidak pernah mengusulkan, sehingga ia berharap kuotah yang diberikan oleh kementrian sosial dibagi rata.

Sementara itu, Kepala Dinas Soaial Burhanudin menjelaskan,bantuan tersebut disalurkan dalam rangkah pelaksanaan jaring pengamanan sosial dampak Corona Virus Disaense 2019 (Covid-). Lebih lanjut Burhanudin menjelaskan, kuota yang diberikan oleh Kemensos di Kabupaten Yahukimo sebanyak 1.168. sehingga, untuk Yahukimo kuota tersebut akan dibagi per distrik sebanyak 23 kepala keluarga.

Baca Juga:  Seruan Selamatkan Hutan Papua Melalui Kampanye “All Eyes on Papua”

“Kita di Yahukimo dapat 1.168, jadi itu saya hitung-hitung dari 51 Distrik per distrik 23 KK,” jelasnya.

Burhanudin menambahkan,Masyarakat yang sudah mendapatkan bantuan sosial lain, tidak akan mendapatkan BLT, sebab ia beralaskan penduduk di Kabupaten Yahukimo sangat banyak. dan kuota yang diberikan sedikit  sehingga masyarakat yang sudah mendapatkan bantuan sosial lainya tidak akan mendapatkan BLT dari Kemensos.

Pewarta : Ruland Kabak

Editor      : Arnold Belau

Artikel sebelumnyaPemkab Yalimo Diminta Perhatikan Longsor di Kampung Eregi
Artikel berikutnyaDi Yahukimo, Setiap KK Terima 600 Ribu dari BLT Kemensos RI