Pemprov Papua Kucurkan 77 Miliar untuk Tangani Corona

0
1560

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Pemerintah Provinsi Papua kucurkan 77 miliaruntuk menanggulangi wabah virus corona. Anggaran dari APBD Pemprov Papua 2020 tersebut diberikan kepada 29 pemerintah kabupaten/kota masing-masing senilai Rp2 miliar.

Kemudian 5 rumah sakit rujukan (Nabire, Timika, Wamena, Merauke, Biak) masing-masing Rp5 miliar. Selanjutnya, rumah sakit mitra mendapatkan 500juta dan setiap asrama mahasiswa Papua di luar Papua mendapatkan 50 juta.

Penyerahan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, di Main Hall Kantor Gubernur Dok II Jayapura, kepada masing-masing perwakilan penerima.

Baca Juga:  Komisi II DPRP Minta Cabut Izin Bermasalah, DPMPTSP Minta Waktu Koordinasi

Selain dukungan anggaran, Pemprov Papua juga menyerahkan bantuan bahan makanan bagi 17 ribu warga terdampak Covid-19. Dimana seluruh bantuan itu diserahkan lewat dinas sosial serta dinas perindustrian dan perdagangan.

“Angaran Rp77 miliar ini semuanya untuk kemanusiaan, yaitu menangani corona. Termasuk bahan makanan yang diberikan untuk membantu mendukung warga yang terdampak corona,” jelas Wakil Klemen.

ads
Baca Juga:  Komisi II DPRP Minta Cabut Izin Bermasalah, DPMPTSP Minta Waktu Koordinasi

Tina menegaskan, pemerintah provinsi tak pernah tutup mata dengan wabah Covid-19 yang terjadi saat ini. Sebab selain bantuan bahan makanan, Pemprov Papua juga membantu dari sisi finansial (uang tunai)

“Untuk sementara kami bantu masing-masing bupati dan wali kota masing-masing Rp2 miliar, tetapi khusus untuk Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura ditambah Rp2 miliar, dengan demikian masing-masing Rp4 miliar mengingat kasus di dua daerah ini meningkat drastis,” ujarnya.

Baca Juga:  Komisi II DPRP Minta Cabut Izin Bermasalah, DPMPTSP Minta Waktu Koordinasi

Diketahui, kasus corona di Papua kini terus mengalami peningkatan signifikan. Sampai dengan 30 April 2020 petang, jumlah positif Covid-19 mencapai 206 kasus. Meski demikian Wagub Klemen berharap seluruh ODP dan PDP agar segera menjalani tes PCR, supaya dari hasil itu bisa segera dilakukan penanganan.*

Print Friendly, PDF & Email
SUMBERPapua.go.id
Artikel sebelumnyaPemerintah Solomon Klaim Tidak Ada Implikasi Politik Dalam Reshuffle Kabinet
Artikel berikutnyaULMWP Chair: Remember the day Indonesia illegally invaded our country