Puskesmas Dipalang, Yustinus Asso: Buka dan Layani Masyarakat

0
1205

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jayawijaya, Yustinus Asso meminta para petugas di puskesmas Asolokobal untuk melakukan pelayanan kesehatan sebagaimana mestinya, karena beberapa hari belakangan ini banyak masyarakat sakit tetapi tidak dilayani.  

Dia bilang, Puskesmas tersebut tidak melakukan pelayanan sejak adanya isu yang beredar tentang seorang petugas Puskesmas Asolokobal positif Covid-19. Bahkan kata dia, akibat isu tersebut Puskesmas itu dipalang atas perintah Kepala Distrik Asolokobal.

Baca Juga:  Atasi Konflik Papua, JDP Desak Pemerintah Buka Ruang Dialog

“Ini setelah beredarnya informasi bahwa daerah Hepuba distrik Asolokobal zona merah Covid-19, maka besoknya dari puskesmas dan dari kepala distrik meminta untuk pelayanan puskesmas dihentikan, akhirnya masyarakat ini kasihan mengeluh, saya sempat antar juga ke UGD. Dari hari senin sampai hari ini tutup,” katanya Rabu (6/5/20)

Dia meminta pihak Puskesmas kembali melakukan pelayanan seperti biasa, agar masyarakat setempat tidak harus pergi ke kota Wamena.

“Jadi besok kalo bisa itu segera buka dan lakukan pelayanan karena ini penting, jadi saya harap bisa dibuka kembali supaya masyarakat ini dilayani,” ujarnya.

ads
Baca Juga:  Festival Angkat Sampah di Lembah Emereuw, Bentuk Kritik Terhadap Pemerintah

Sementara itu, Kepala Distrik Asolokobal, Pilipus Asso mengatakan tidak benar jika pihaknya memerintahkan untuk tutup pelayanan di Puskesmas tersebut, akan tetapi hal itu terjadi atas desakan masyarakat setelah mendengar isu tentang petugas Puskesmas yang positif Covid-19.

“Ah itu tidak. Saya tidak imbaukan tutup, itu hanya desakan masyarakat, mereka takut to, jangan sampai kena lagi (setelah dengar isu petugas positif),” ujar Pilipus melalui sambungan telepon.

Baca Juga:  Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

Sebagaimana penyampaian Yustinus Asso bahwa pelayanan Puskesmas tidak berjalan, kata Phlipus, dirinya tak bisa memastikannya.

“Kemarin dan tadi saya tidak cek, nanti saya ketemu ibu kepala Puskesmas dan akan menghubunginya, dalam arti kalo ibu dia bersedia untuk buka kembali pelayanan kembali,” imbuhnya.

Pewarta: Onoy Lokobal  

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaMahasiswa Kamuu: Kami Tak Pernah Dibantu Pemkab Dogiyai
Artikel berikutnyaMahasiswa Biak Numfor di Semarang Terima Bantuan