Olahan Tenggiri Nikmat dari Raja Ampat

0
1852

Pulau Saonek secara geografis terletak di antara Waisai dan Sorong. Selama ini, Saonek dikenal sebagai penghasil olahan ikan tenggiri yang terkenal di Raja Ampat.

Olahan ikan tenggiri ini berupa ikan asin, kerupuk dan abon. Kualitas olahan tenggiri produksi Saonek sangat terkenal. Olahan ikan tenggiri ini menjadi oleh-oleh favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Waisai, Raja Ampat.

Tenggiri yang diolah dengan diasinkan atau dibuat kerupuk serta abon menurut nelayan Saonek bernilai lebih tinggi daripada dijual segar. Selain itu dengan dibuat ikan asin, ikan tengiri bisa disimpan lama, setelah terkumpul banyak selanjutnya dijual.

Baca Juga:  Kunjungan Paus ke PNG Ditunda Hingga September 2024

Namun itu semua terjadi sebelum adanya pandemi covid-19. Saat ini dengan tidak adanya wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat sangat berpengaruh pada usaha pengolahan ikan tenggiri Saonek.

Menurut Hayati Manam, sekretaris Kampung Saonek, aktivitas mengolah ikan tenggiri tergantung pada kondisi laut. Saat kondisi ombak besar, nelayan tidak dapat menangkap ikan di perairan luar Pulau Saonek, sehingga mereka hanya mengumpulkan kerang dan memancing ikan selar di sekitar dermaga kampung.

ads
Baca Juga:  Wawancara Eksklusif Daily Post: Indonesia Tidak Pernah Menjajah Papua Barat!

Hasil tangkapan ini pun sekedar untuk dikonsumsi pada hari itu juga. Sejak adanya pandemi covid-19 ini, aktivitas mengolah ikan tenggiri di Saonek jumlahnya berkurang banyak. Karena tidak ada wisatawan yang membeli dan terbatasnya akses kapal penumpang ke Sorong. Sehingga nelayan Saonek berharap pandemi covid-19 segera berakhir dan roda ekonomi di Saonek dan Raja Ampat berputar kembali.

Baca Juga:  Non OAP Kuasai Kursi DPRD Hingga Jual Pinang di Kota Sorong

Artikel ini ditulis Hari Suroto (arkeolog, tinggal di Jayapura) dan telah ditayang di portalsain.org.

VIAportalsains.org
Artikel sebelumnyaTangani Covid-19, Pemkab Nduga Anggarkan Delapan Miliar
Artikel berikutnyaIni 20 Wabah dan Pandemi yang Pernah Melanda Dunia dalam Sejarah