Uncen Sudah Buka Pembayaran UKT bagi Mahasiswa

0
3016

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) atau yang lebih dikenal dengan sebutan sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), untuk mahasiswa lama Universitas Cenderawasih telah dibuka dan mulai dilayani di bank negara Indonesia (BNI) hari ini, Waena Senin (6/7/2020).

Biro administrasi akademik dan kemahasiswaan (BAAK) Uncen, Demianus Msiren mengatakan bahwa mahasiswa Uncen sudah bisa lakukan pembayaran UKT mulai 06-30 Juli 2020 di bank BNI di Papua maupun di luar Papua.

“Hari ini mahasiswa bisa lakukan  pembayaran UKTnya di Bank BNI di seluruh Indonesia , jadi mahasiswa yang ada di Jakarta bisa cari bank BNI disitu lalu bayar, terus mahasiswa yang ada di Papua juga sama. Jadi pembayarannya hanya bisa di bank BNI,” kata Msiren di ruang kerjanya saat ditemui suarapapua.com.

Baca Juga:  Akomodir Aspirasi OAP Melalui John NR Gobai, Jokowi Revisi PP 96/2021

Demianus menjelaskan, terhambatnya pembayaran UKT disebabkan karena harus dilakukan verifikasi pembayaran UKT mahasiswa di aplikasi siakad Uncen sesuai dengan instruksi menteri Kemdikbud.

“Kemarin pembayaran UKT tidak sesuai jadwal akademik kampus itu, karena kami harus sesuaikan dengan kebijakan pimpinan lembaga bahkan dari menteri sendiri bahwa UKT mahasiswa perguruan tinggi negeri dipotong 50% karena pandemik covid-19, sehingga kami Uncen juga ikuti itu. Misalnya Yanuarius dari fakultas Fisip sebelumnya bayar 1 juta berarti untuk semester ini kamu harus bayar 500 ribu, maka kami harus lakukan set di aplikasi siakad kita, sehingga waktu pembayaran di bank tidak keliru,” jelas Msiren.

ads
Baca Juga:  Generasi Penerus Masa Depan Papua Wajib Membekali Diri

Ia menambahkan, jika ada mahasiswa yang namanya tidak terdaftar di bank maka mahasiswa itu dianggap tidak perlu bayar UKT sehingga yang bersangkutan bisa melapor diri di rektorat.

“Kalau mahasiswa yang mau bayar UKT tapi namanya tidak terdaftar berarti dia tidak perlu panik atau marah, karena itu sterategi kami supaya yang bersangkutan datang lapor disini lalu kami surati dekan, PD I,PD II, atau PD III untuk selesaikan akhir studi mereka. Tapi untuk mereka yang sudah menulis skripsi lalu tunggu ujian, mereka harus bawa bukti pembayaran  supaya tidak perlu bayar,”ujarnya.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Dukung Asosiasi Wartawan Papua Gelar Pelatihan Pengelolaan Media

Sementara itu, Jeremia Martino Ohoiwirin, mahasiswa reguler angkatan 2018 Jurusan Ilmu Politik Fisip Uncen membenarkan bahwa dirinya telah membayar UKT di Bank BNI Waena.

“Ia tadi jam 2 saya sudah bayar SPP saya di bank BNI Waena. Jadi teman-teman yang lain bisa lakukan pembayaran,” pungkasnya.

Pewarta : Yanuarius Weya

Editor : Arnold Belau

 

 

Artikel sebelumnyaPolisi Diduga Culik dan Aniaya Yudi Kwimi di Keerom, Keluarga Korban Lapor ke Elsham Papua
Artikel berikutnyaMama Karma, Catatan Heroisme Pinggiran “Biak Berdarah”