Lintas Generasi Papua saat memberikan keterangan pers. (Ardi Bayage - SP)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Ketua Lintas Generasi Papua, Wecky Gombo meminta agar masyarakat Papua mendukung proses seleksi jabatan Sekda Papua yang sedang berjalan. 

Gombo mengajak masyarakat Papua untuk menunggu keputusan dari Presiden Jokowi. Kata dia, apa pun keputusannya, masyarakat diminta untuk mendukung dan tidak terprovokasi dengan isu-isu tidak benar.

“Kami minta Mendagri dan masyarakat Papua untuk tidak muda terpengaruh dengan pernyataan Provokatif yang di mainkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab oleh segelintir Orang Papua di jakarta, maupun di Papua,” kata Gombo pada Senin (20/7/2020) kemarin di Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Gombo mengatakan, beberapa waktu lalu sekelompok masyarakat yang menamakan diri Aliansi Peduli Papua Penuh Damai (Papeda) mendesak agar seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi Madya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua tahun 2020 segera dihentikan.

Baca Juga:  TPNPB Umumkan Duka Nasional Atas Meninggalnya Mayor Detius Kogoya di Paniai

Desakan dari Aliansi Papeda tersebut tidak perlu ditanggapi. Karenaproses seleksi Sekda Papua sudah berjalan sesuai aturan main yang ada.

ads

“Barang sudah berjalan sesuai aturan  main kok tiba – tiba ada demo di Jakarta untuk batalkan seleksi Setda Papua itu sebenarnya ada Apa? Dasar Apa Penetapan Setda Definitif Papua  akan menimbulkan Konflik ditengah Masyarakat Papua?,” katanya.

Dia menegaskan agar tidak boleh ada pernyataan provokasi atas kepentingan tertentu. Demo tersebut yang dilakukan Papeda itu dia memandang sebagai hal yang penuh kepentingan tertentu dalam penetapan Sekda Papua.

Baca Juga:  Otsus Papua Berlaku Juga di Kabupaten/Kota, Gobai: Perjuangan MRP Sudah Tepat!

“Jadi kami meminta kepada Presiden untuk segera Memutuskan salah satu dari Ketiga nama Setda Papua,agar Masyarakat Papua dapat memiliki Setda Definitif untuk membantu Gubernur dan wakil gubernur Papua,” katanya.

Sementara, Natan Tebai mengatakan, pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden segera memutuskan siapa yang menjadi Sekda dari 3 nama tersebut.

“Presiden segera memutuskan salah satu nama yang sesuatu syarat degan berbagai pertimbangan yang telah dilakukan oleh Timsel Sekda Provinsi Papua,” katanya.

Baca Juga:  Yance Rumbino, Seniman dan Pencipta Lagu “Tanah Papua” Berpulang

Senada Mikael Sineri, Pemuda lintas generasi wilayah  Saireri, mengatakan, Pihak yang memberikan apresiasi kepada tim sel yang sudah melakukan proses tahapan secara baik dan berharap ada dukungan dan doa dari masyarakat agar proses tahapan seleksi Sekda ini benar-benar memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan masyarakat.

“Semua lapisan masyarakat Papua ikut menyaksikan dan mengawal proses seleksi Setda Papua, apa yang dilakukan oleh Timsel itu sudah sesuai aturan maka tidak ada hal yang bisa merugikan bagi masyarakat Papua akibat dari keputusan Setda Definitif papua oleh Presiden,” kata Mikael.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnya48 Warga Asal Kabupaten Fakfak Terlantar di Sorong
Artikel berikutnya57 Pastor Pribumi Papua Minta Negara Beri Kesempatan untuk Referendum di Papua