Sembilan Penumpang Pesawat dari Makassar ke Timika Positif Corona

0
1143

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Sebanyak Sembilan penumpang pada salah satu maskapai penerbangan dari Makassar, Sulawesi Selatan dinyatakan positif Covid-19 setelah tiba di Timika, Papua.

Seperti dilansir seputarpapua.com, Juru Bicara Covid-19 Mimika, Reynold Ubra mengatakan, sembilan orang tersebut baru tiba dari Makassar pada Selasa (21/7) lalu.

“Secara keseluruhan ada penambahan 14 kasus positif, sembilan adalah pelaku perjalanan dari Makassar, salah satunya satu orang karyawan hendak kembali bekerja,” jelas Reynold Ubra melalui video conference, Jumat (24/6).

Dengan demikian kata Reynold, ada sembilan positif Covid-19 terkonfirmasi positif merupakan kasus impor, sementara lima lainnya merupakan kasus transmisi lokal.

Baca Juga:  Freeport Bersihkan Dampak Longsor, Gereja Banti Dua Kembali Aktif

Reynold Ubra menjelaskan, penumpang yang baru tiba Timika membawa surat bebas Covid-19, namun karena menunjukkan gejala, sehingga para penumpang dites dan ternyata terkonfirmasi positif Covid-19.

ads

Salah satu yang terkonfirmasi positif kata Reynold, juga telah melakukan contact dengan keluarga dan orang terdekat.

“Setelah kita lakukan tracing dan dilakukan tes PCR, ternyata satu keluarga dinyatakan positif Covid-19,” tutur Reynold.

Ia menambahkan, saat ini para pasien sedang diisolasi dan dirawat di RSUD Mimika dan Shelter.

Sementara itu saat ini secara kumulatif kasus Covid-19 di Mimika berjumlah 493, dengan rincian 422 sembuh, 6 meninggal dan pasien yang masih dirawat 63 orang.

Baca Juga:  Seruan Mosi Tidak Percaya Kepada PM Marape Setelah Kerusuhan Mematikan di PNG

Reynold Ubra menghimbau, warga tetap mematuhi protokol kesehatan. Tetap gunakan masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir.

240 Nakes di Kota Jayapura Positif Corona

Sementara itu, di Kota Jayapura Sebanyak 240 tenaga kesehatan yang bertugas di tujuh rumah sakit dan sejumlah puskesmas di Kota Jayapura, Papua positif COVID-19.

Dikutip dari seputarpapua.com, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura dr. Nyoman Antari mengatakan jumlah itu kumulatif sejak pandemi corona.

“Memang banyak diantaranya yang sudah dinyatakan sembuh, namun sebagian besar masih dirawat di sejumlah rumah sakit serta menjalani karantina mandiri,” katanya di Jayapura, Kamis (24/7).

Baca Juga:  Tanggal Pemungutan Suara Kepulauan Solomon Telah Ditetapkan

Kata dia, tenaga kesehatan yang terbanyak terpapar COVID-19 berasal dari RSUD Jayapura, tercatat 104 orang, RS Provita 53 orang, RSUD Abepura 29 orang, RS Dian Harapan 19 kasus, dan RS Bhayangkara 13 kasus.

Sedangkan tenaga di RS Marthen Indey yang positif COVID-19 sebanyak 10 orang dan 12 nakes yang bertugas di sejumlah puskesmas di wilayah Kota Jayapura.

“Di Kota Jayapura terdapat delapan rumah sakit dan yang belum ada laporan nakes terpapar COVID-19 di RS dr. Soedibjo Sadardi,” katanya. (*)

 

SUMBERSeputar Papua
Artikel sebelumnyaIni Hasil Tes CPNS Formasi 2018 Kab. Sarmi
Artikel berikutnyaPemkot Sorong Tutup Mata dengan Banjir, Warga Melati Raya Palang Jalan