BeritaEdison Waromi: Otsus Bukan Solusi!

Edison Waromi: Otsus Bukan Solusi!

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Ketua Komite Legislatif United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Edison Waromi berujar bahwa Otonomi Khusus adalah produk lama dengan kemasan baru bukanlah solusi terbaik penyelesaian persoalan Papua, akan tetapi Otsus adalah gula-gula Politik untuk merampok sumber daya alam Papua Barat.

“Otsus dilanjutkan untuk mengeksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam Papua Barat. Jadi Otsus bukan solusi. Papua tidak akan sejahtera bila bersama Indonesia,” tegas Edison ketika ditemui suarapapua.com di Sentani, Jumat pekan lalu.

Baca Juga:  KPU Tambrauw Resmi Tutup Pleno Tingkat Kabupaten

Menurutnya, penyelesaian persoalan atau kebebasan orang Papua sesungguhnya akan dirasakan saat Indonesia kembalikan hak politik dan hak ekonomi bangsa Papua Barat.

“Hak dasar orang Papua dikembalikan. Itu yang disebut dengan kemerdekaan.”

Ia mengatakan, desain Otsus Jakarta adalah kebijakan memperpanjang penjajahan terhadap orang asli Papua di atas tananhnya sendiri, kemudian orang Papua akan punah.

Dia mengatakan, perjuangan bangsa Papua Barat adalah tidak sia-sia dan agenda selanjutnya rakyat Papua adalah penyelesaian status politik Papua Barat di muka internasional.

Baca Juga:  Sikap Mahasiswa Papua Terhadap Kasus Penyiksaan dan Berbagai Kasus Kekerasaan Aparat Keamanan

“Kemenangan Tuhan tapi juga kemenangan bangsa Papua barat. Kami harap agenda sisa ini entah referendum atau mekanisme internasional yang lain bisa jalan,” tukasnya

Ia berharap agar rakyat Papua Barat perlu mendukung penuh Petisi Rakyat Papua menuju hak penentuan nasib sendiri.

Sebelumnya, Benny Wenda, Ketua ULMWP menyatakan melalui sikap dan seruan yang menegaskan bahwa pihaknya di Eksekutif ULMWP mendukung Petisi Rakyat Papua terkait penolakan Otsus jilid dua dan menuntut hak penentuan nasib sendiri.

Baca Juga:  Polda Papua Diminta Evaluasi Penanganan Aksi Demo di Nabire

“Eksekutif ULMWP menyerukan kepada Rakyat Bangsa Papua di West Papua, Indonesia  dan di internasional untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Petisi Rakyat Papua. Tolak Otsus jilid dua. Ketika, Eksekutif ULMWP sebagai pemegang mandat dari rakyat bangsa Papua bertanggungjawab penuh atas hasil akhir petisi tolak Otsus.”

 

Pewarta: Charles Maniani

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.