BeritaDidukung Delapan Parpol dan 24 Sit Parlemen, Paslon ABYU Daftar di KPU...

Didukung Delapan Parpol dan 24 Sit Parlemen, Paslon ABYU Daftar di KPU Yahukimo

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Abock Busop dan Yulianus Heluka merupakan Paslon kepala daerah Kabupaten Yahukimo periode 2021-2025 yang mendaftar di KPUD Kabupaten Yahukimo pada, Minggu (6/9/2020).

Dalam prosesi pendaftaran di KPU Yahukimo pada pukul 2 siang itu, Paslon Abock dan Yulianus yang merupakan pasangan incumbent didampingi sejumlah Ketua Parpol pendukung dan tim sukses.

“Semua persyaratan sudah lengkap, tapi hanya butuh lengkapi surat fisik SK pencalonan pengurus pusat dan kabupaten. Semua kan sudah ada di online, tetapi mereka [KPU] butuh bukti fisik yang belum di print, maka ini yang kami lengkapi. Jadi tadi hari minggu jam 2 siang kami daftar di KPU,” kata Abock Busop kepada suarapapua.com dari Yahukimo, Minggu (6/9/2020).

Baca Juga:  Suku Abun Gelar RDP Siap Bertarung Dalam Pilkada 2024

Katanya, awalnya pendaftaran direncanakan bersamaan dengan deklarasi tanggal 4 September 2020, “namun deklarasi merupakan pesta rakyat, jadi kami tidak mau kecewakan rakyat, maka kami fokus di deklarasi. Jadi tadi hari minggu baru kami masukan. Hanya tinggal perbaikan-perbaikan dokumen saja,” tutur Abock.

Dikatakan, visi misi dirinya sebagai Bupati Yahukimo bersama wakil adalah Yahukimo bangkit, mandiri dan sejahtera.

“Nah yang kami kerjakan selama lima tahun ini tidak cukup. Jadi kita harus selesaikan di jilid dua 5 tahun kedepan ini. Maka kita harus lebih percepat untuk penanganan. Jadi saya dengan pak wakil komitmen selesaikan program dan visi misi kita di periode kedua ini.”

Baca Juga:  Atasi Konflik Papua, JDP Desak Pemerintah Buka Ruang Dialog

“Ya selanjutnya baru pak wakil bisa maju sendiri, orang lain juga bisa maju, karena memang dalam pemerintah ini aturannya 10 tahun saja. Jadi kami didukung oleh 8 Parpol dan 24 kursi di parlemen yang kami sudah daftar di KPU. Kedepan kami menunggu penetapan dari KPU Yahukimo,” tukasnya.

Sebelumnya, Abock mengatakan, dalam acara deklarasi yang dilaksanakan di Lapangan Yahukimo Bangkit, masyarakat Yahukimo cukup antusias dan secara suka rela menyumbangkan 488 ekor babi dan 1 ekor Sapi untuk memeriahkan acara deklarasi tersebut.

“Itu sumbangan dari masyarakat Yahukimo, desa-desa dan kepala distrik. Itu bukti dukungan mereka dari apa yang kami kerjakan selama ini. Dana desa juga tidak pernah potong langsung di rekening desa, yang langsung bawa ke masyarakat, sehingga masyarakat merasa kami harus lanjutkan ke jilid dua, maka buktinya mereka menyumbangkan babi sebanyak 488 ekor dan 1 ekor sapi,” jelas Abock.

Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Yulianus Heluka, Calon Wakil Bupati Yahukimo mengatakan, pihaknya memperkenalkan diri maju sebagai kandidat kedua kalinya untuk memimpin Yahukimo lima tahun kedepan.

“Kami deklarasi, artinya bapak bupati dengan saya telah dipercayakan sebagai bupati dan wakil bupati. Hari ini saya dan pak bupati sebagai calon. Hari ini kami datang dihadapan bapak dan ibu memperkenalkan diri bahwa kami maju kedua kalinya lagi,” jelas Heluka.

 

Perwarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

0
SORONG, SUARAPAPUA.com --- Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw mengingatkan pengurus partai politik di kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya, untuk transparan dalam tahapan pendaftaran...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.